Beranda ekonomi Jamaah Haji Mulai Masuk Pesawat, Siap Terbang ke Tanah Suci

Jamaah Haji Mulai Masuk Pesawat, Siap Terbang ke Tanah Suci

339
0
Jamaah haji Kutim sedang menuju pesawat Garuda Indonesia.

SANGATTA (23/7-2019)

                Jamaah haji Kloter 5 Balikpapan, pukul 13.30 Wita mulai memasuki Pesawat Garuda Indonesia Nomor Penerbangan GA 4103 yang akan menerbangkan mereka ke Bandara King Abdul Azis Jeddah. Hormasnyah – PPHI Embarkasi Balikpapan menerangkan jamaah haji, sebelum ke Bandara Internasional Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan telah mengenakan ihram. “Semua jamaah haji telah bergerak ke Bandara Balikpapan dan mengenakan ihram, namun niat umrahnya akan dilakukan di atas Musqat  yang nantinya diberitahu PPIH,” terangnya.

                Diakui, berbeda dengan tahun sebelumnya, jamaah memakai ihram dan melakukan miqat di Bandara King Abdul Azis Jeddah. Perubahan waktu pemakaian ihram ini, mau tidak mau membuat jamaah sejak pukul 10.00 Wita sudah menggunakan ihram, pemandangan itu tampak jelas dari jamaah pria yang hanya menggunakan 2 helai kain warna putih. Sementara jamaah perempuan tidak terlalu tampak, karena ihram mereka seperti mukena atau jilbab yang sering dipakai setiap hari hanya saja mengenakan sarung tangan.

Jamaah haji Indonesia tahun 2019 asal Kutim yang tergabung di Kloter 5 Balikpapan, berjumlah 180 orang  bergabung dengan  jamaah dari Samarinda dan Paser. Jamaah Haji Kloter 5 Balikpapan yang berjumlah 455 orang, berkurang 1 orang karena 1 orang jamaah dari Paser membatalkan berangkat karena sakit.

Semua jamaah, diterbangkan ke tanah suci menggunakan pesawat  Garuda Indonesia jenis Boeing 747 yang mampu terbang salama 12 jam non stop. Jamaah yang  dipimpin   Abdul Gafur Yusuf  dengan     Nanang Gazali Ibrahim Baen (TPIHI), dr Hardiansyah Baharuddin,  Suparno dan Rahdatu Fakhanur Rozi sebagai tenaga kesehatan, dijadwalkan tiba di Jeddah   pukul 21.30 WAS atau 03.30 Wita (di Indonesia hari Rabu,red) dan diperkirakan  tiba di Hotel Manazel Al Marwa  Makkah, subuh.(SK4)