Beranda ekonomi Jamaah Haji Sudah Di Makkah

Jamaah Haji Sudah Di Makkah

178
0
Jamaah haji asal Kutim usai melontar di hari terakhir, foto bersama di areal jamaraat sebelum kembali ke Makkah.

SANGATTA (14/8-2019)

                Jamaah haji Indonesia termasuk  asal Kutim baik di Kloter 5 maupun 15 Balikpapan, Rabu (14/8) sudah menuntaskan melempar jamaraat. Sehingga, Rabu pagi, menuju Makkah.

                Agustinah, Aji Suzana dan Basrie masing – masing sebagai TPHD dan Ketua Rombongan 9 Kloter 15 Balikpapan, kepada Suara Kutim.com menerangkan semua jamaah dalam keadaan sehat waalfiat ketika tiba di Makkah. “Kini jamaah mulai melakukan tawaf ifadah di Masjidil Haram yang wajib dilakukan setiap jamaah usai dari Mina,” terang Agustinah.

Jamaah diakui mengambil nafar sani yakni berada di Mina hingga 13 Zulhijah atau Rabu (14/8), sedangkan nafar awal hanya berada di Mina hingga Selasa (13/8). “Sesuai jadwal, Rabu pagi setelah sarapan baru kembali ke Makkah untuk melakukan tawaf ifadah, dengan demikian tuntas sudah semua rangkaian haji,” terangnya.

Terkait kondisi Hafiah Lahaji Lakawa binti Lahaji (66) yang dirawat di RS dan masuk program safari wukuf, dikabarkan semakin sehat dan kini sudah kembali bersama rombongan di hotel. “Alhamdulillah, Ibu Hafiah sudah sehat dan kini sudah bersama rombongan di hotel,” terang Agustinah.

Hal sama diterangkan Basrie – Ketua Rombongan Jamaah Haji Kutim di Kloter 15 Balikpapan, ketika dihubungi terpisah, dijelaskan semua jamaah dari Kutim kini berada di pemondokan di Makkah untuk persiapan melaksanakan tawaf ifadah.

Terkait agenda lainnya, Basrie belum mengetahui karena akan dibahas dengan Ketua Kloter dan TPIHI, namun ia menandaskan setelah beberapa hari, kemungkinan besar mereka akan mengisi hari-hari selama di Makkah dengan beribadah di Masjidil Haram termasuk melakukan umrah. “Terkait ziarah belum ada informasi, mungkin dalam beberapa hari kedepan karena jamaah di Kloter 15 ini belum pernah ziarah karena baru sepekan di Makkah langsung wukuf,” terang pria yang kesehariannya bertugas di Dinas PMK Kutim ini.(SK11)