Beranda hukum Jauhar Ajak Pers Sukseskan Pilkada

Jauhar Ajak Pers Sukseskan Pilkada

93
0

SANGATTA (15/10-2020)

Pjs Bupati Kutim M  Jauhar Efendi mengakui  Pilkada 2020  di Kutim memerlukan perhatian serius, terlebih di tengah pandemic Corona.Data Pilkada 2018 lalu, daerah ini diposisi terendah di Kaltim hanya 50,2 persen.

Melihat data Pilkada Tahun 2018 lalu dilihat dengan kondisi saat ini, benar-benar menjadi perhatian serius akan naiknya angka partisipasi masyarakat.  “Karenanya diharapkan peran media massa terutama wartawan untuk terus mengedukasi masyarakat terutama yang punya hak pilih,” kata Jauhar.

Ditegaskannya,  Pilkada Kutim wajib berjalan aman dan tidak menciptakan kluster Pilkada. Menurutnya, lahirnya PKPU Nomor 13 Tahun 2020 yang berisi tentang pembatasan pelaksanaan kampanye Paslon.  “Pemerintah tidak mencampuri pelaksanaan Pilkada, tugas pemerintah adalah memastikan agar berjalan sesuai koridor yang telah ditetapkan,” jelas Jauhar dalam pertemuan dengan pengurus dan anggota PWI Kutim.

Tak hanya itu, ujar pria yang pernah belajar menulis di sebuah lembaga pendidikan pers, pemerintah juga mengingatkan ASN Pemkab Kutim, wajib  netral dengan mengeluarkan surat edaran tentang kenetralan ASN. “ASN tetap fokus memberikan pelayan pada publik serta melaksanakan tugas utamanya,” ungkapnya.

Untuk mensukseskan Pilkada, Jauhar minta ASN menjadi contoh bagi masyarakat untuk memberikan hak suaranya namu tidak boleh mengajak masyarakat memilih salah satu Paslon. “Silahkan memilih berdasarkan keyakinan dan pilihan masing-masing, ASN jangan sampai terlibat dalam poltik praktis termasuk apara desa,” tandasnya.(SK5)