Beranda hukum Jawab Kebutuhan Informasi Masyarakat, Ivan Rancang Si INFORMAN

Jawab Kebutuhan Informasi Masyarakat, Ivan Rancang Si INFORMAN

168
0

SAMARINDA (13/8-2020)

            Seiring  meningkatnya teknologi informasi, kecepatan menyerap dan mengolah data informasi harus dilakukan jajaran pemerintah terutama bagi unit kerja yang mengelola informasi atau publikasi seperti Biro Humas Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

            “Kecepatan dan keakuratan mendapatkan kemudian  mengolah data serta mempublikasi kepada masyarakat menjadi tantangan bagi Biro Humas Setda Kaltim. Jika terlambat merespon, tidak menutup kemungkinan informasi yang ada menjadi bias yang berdampak terhadap sosial bahkan bisa menganggu Kamtibmas,” kata M Syafranuddin – Kepala Biro Humas Setda Provinsi Kaltim, Kamis (13/8).

            Berbicara usai mengikuti seminar Rancangan Proyek Perubahan (Proper) secara virtual, pria yang akrab disapa dengan Ivan ini menerangkan ia kini sedang melakukan perencanaan pembuatan program Si INFORMAN dengan tujuan informasi yang disampaikan Pemprov Kaltim melalui satu kanal terutama terhadap masalah-masalah yang dianggap penting.

            Diuraikan Si INFORMAN merupakan singkatan dari Akselerasi Sinergi Informasi Masyarakat. “Latar belakang dibuatnya program Si INFORMAN adalah  kecepatan dan sinergi dalam penyajian informasi yang dibutuhkan masyarakat di era digital  tidak bisa ditawar-tawar lagi, jika tidak informasi akan lari kemana – mana sehingga menjadi berita tidak benar. Bahayanya, keburu berdampak kepada image pemerintah karenanya harus ada kanal tersendiri agar informasi benar, dapat dipertanggungjawabkan dan akurat,” beber Ivan yang kini sedang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XII yang dilaksanakan  Puslatbang KDOD LAN-RI.

            Dalam menyusun rancanan program Si INFORMAN ini, ia mengakui mendapat bimbingan Asisten Administrasi Umum Setda Kaltim, Fathul Halim dan Dr Ir Suseno MM sebagai coach. “Alhamdulillah, Rabu kemarin sudah diseminarkan nanti dalam beberapa pekan kedepan saya akan melakukan serangkaian kegiatan terkait Si INFORMAN ini, termasuk beraudensi dengan PWI, AJI dan kalangan pers yang selama ini merupakan mitra kerja Biro Humas Setda Kaltim,” ujarnya seraya memohon doa dan dukungannya agar Si INFORMAN terwujud sesuai impiannya.(SK8)