Beranda hukum Kabupaten Sangsaka Segera Dideklarasikan

Kabupaten Sangsaka Segera Dideklarasikan

83
0

SANGATTA (4/12-2018)
Wacana pembentukan Kabupaten Kutai Utara (Kutara) terus bergulir dan kini berada di tangan pemerintah pusat. Belakangan, dikabarkan dalam waktu dekat akan dideklarasikan pembentukan Calon DOB Sangsaka.
Rencana pembentukan Kabupaten Sangsaka ini diutarakan Bupati Ismunandar pada penyerahan penghargaan Satya Lancana Karya Satya kepada ratusan PNS Pemkab Kutim, belum lama ini.
Disebutkan Ismu, rencana pembentukan Kabupaten Sangsaka yang terdiri Sandaran, Karangan, Kaubun, Kaliorang dengan ibukota Sangkulirang, sudah bergulir sejak tahun 2004 oleh DPRD Kutim. “Tujuan pembentukan Kutara dan Sangsaka, tiada lain untuk mempercepat pembangunan serta mempermudah pelayanan pemerintah kepada masyarakat,” kata Ismu.
Terkait deklarasi masyarakat Sangsaka, ia membenarkan sudah ada rencananya namun ia belum mengetahui pasti kapan dan dimana. Sementara terhadap usualan pembentukan Kutara, diakuinya sudah masuk Kementrian Dalam Negeri bahkan Istana sebagaimana keputusan Komite I DPD –RI.
Kutai Timur yang berdiri pada tahun 1999 membentukan 2 kabupaten baru, nantinya Kutim terbagi tiga yakni Kabupaten Kutai Timur dengan ibukota Sangatta dengan 5 kecamatan Bengalon, Rantau Pulung, Teluk Pandan, Sangatta Selatan sebagai wilayahnya, namun kemungkinan Sangatta Utara dimekarkan lagi menjadi 2 kecamatan memungkinkan karena padatnya penduduk Sangatta Utara saat ini.
Sedangkan Wilayah Kabupaten Kutai Utara membawahi Kombeng, Muara Wahau, Telen, Batu Ampar, Muara Bengkal, Long Mesangat, Busang dan Muara Ancalong. Untuk wilayah Sangsaka meliputi Sangkulirang sebagai ibukota, dengan Sandaran, Karangan, Kaubun, Kaliorang sebagai bagian dari wilayahnya.(SK11)