Beranda kutim Kantor Bupati Kutara Semakin Cantik, Kaum Tua Ikut Gotong Royong Membersihkan

Kantor Bupati Kutara Semakin Cantik, Kaum Tua Ikut Gotong Royong Membersihkan

1432
0
Wajah eks Kantor Surya Hutani yang akan menjadi Kantor Bupati Kutai Utara tambah bersih dan cantik setelah ribuan warga masyarakat melakukan gotong royong. Inset, kaum tua yang ikut bergotong royong.

MUARA BENGKAL,Suara Kutim.com (26/3)
kaum tua Calon Kantor Bupati Kutai Utara (Kutara) yang berada di Kilometer 4 Kecamatan Muara Bengkal dalam beberapa hari tearkhir semakin cantik. Cat putih sudah menghiasi dinding yang termakan usia karena karena kurang perawatan.
Upaya pembersihan eks kantor PT Surya Hutani ini dilakukan masyarakat sebagai bukti menyambut pembentukan Kabupaten Kutai Utara. Pengamatan Suara Kutim.com, gotong membersihkan halaman serta mempercantik gedung dilakukan ratusan masyarakat termasuk kepala desa dan aparat kecamatan, serta pegawai UPTD lainnya didukung sejumlah perusahaan perkebunan kelapa sawit.
Menariknya sebagian besar peserta gotong royong adalah kaum tua yang sehari-harinya bekerja di luar pemerintahan atau karyawan perkebunan. Kepada Suara Kutim.com mereka mengaku terlibat dalam persiapan pembentukan Kutai Utara semata-mata ingin melihat pedalaman Kutim dan Kaltim ini setara dengan daerah lain. “Kami ini warga pedalaman hidup mulai jaman penjajahan hingga saat ini belum melihat adanya pembangunan yang lebih bagi masyarakat pedalaman, karenanya sejak pembentukan Kutara digulirkan kami semangat untuk membantu Komite Pembentukan Kutara,” kata seorang pria.
Gotong royong membersihkan kawasan pusat pemerintahan Kabupaten Kutara digelar tim KPK dan masyarakat sejak tiga hari lalu. Aksi yang dilakukan dengan suak cita itu untuk menyambut dan membuktikan kepada Tim Kementrian Dalam Negeri yang akan bertandang, bulan depan.
Mereka yang datang ke arena gotong royong bekerja tak mengenal lelah, satu persatu ranting-ranting dibersihkan. Sementara, sejumlah ruangan mulai dibersihkan bahkan dicat sehingga terlihat lebih bersih dan cantik. “Rencananya kaum wnita mau datang pada Minggu besok, mereka akan membawa sejumlah tanaman atau bunga untuk mempercantik lagi halaman kantor,” ujar Madon warga Muara Ancalong.
Seperti diwartakan, Pembentukan Kabupaten Kutai Utara digulirkan sejak tahun 2009 lalu bahkan didukung DPRD, kemudian terkendala pembatasan pembentukan DOB oleh pemerintah pusat. Upaya pembentukan Kutara ini kembali naik kepermukaan setelah Pemkab Kutim, DPRD dan Gubernur Kaltim merespon termask Komite Satu DPD RI dan Komisi II DPR RI.
Belakangan dalam rapat Komite Satu DPD-RI dengan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri disepakati Pembentukan Kabupaten Kutara, skala prioritas bersamaan dengan daerah lainnya diantaranuya Paser, Berau dan Sebatik.(K-01/SK-13)