Beranda ekonomi Kapasitas IPA Kudungga Meningkat dan Berkualitas, KPC Ikut Senang

Kapasitas IPA Kudungga Meningkat dan Berkualitas, KPC Ikut Senang

168
0

SANGATTA (11/1-2019)

Chief Operating Officer                (COO) PT Kaltim Prima Coal (KPC) Muhammad Rudi menyatakan KPC sebagai perusahaan tambang batubara yang berada di Sangatta, selalu peduli dengan masyarakat termasuk berkerjasama dengan Pemkab Kutim menyediakan kebutuhan air bersih.

                Di peresmian IPA Kudungga Tahap II, Kamis (10/1),          ia menyebutkan dukungan KPC dengan menyediakan air Danau Kenyamukan di Pit Jupiter sebagai bahan baku air bersih IPA Kudungga, tiada lain karena melihat keseriusan Pemkab Kutim dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yang tiada lain termasuk karyawan dan keluarga besar KPC.

                Dihadapan Bupati Ismunandar, Wabup Kasmidi Bulang serta puluhan pejabat lainnya, diakui Pemkab Kutim berhasil memenuhi kebutuhan dasar masyarakat berupa air bersih dalam kurun waktu 10 tahun, suatu prestasi besar. “Pengoperasian IPA Kudungga, merupakan prestasi luar biasa bagi Kutim karena dalam setahun tahap pertama bisa dikembangkan menjadi lebih baik dan mampu melayani masyarakat dalam jumlah besar,” kata Rudi.

                Melihat kekompakan antara Pemkab dengan KPC, petinggi KPC dalam pidatonya berdurasi 3 menit 10 detik, mengakui aktifitas KPC berjalan lancar tiada lain dukungan masyarakat dan Pemkab Kutim.

                Meski sebagai penyumbang utama air baku untuk IPA Kudungga, KPC menilai ujungnya tetap ada di tangan PDAM Tirta Tuah Benua sebagai operator. Karenanya, Rudi mengaku bangga karena dengan kekuatan bersama yang terjalin, PDAM terus meningkatkan pelayanannya hingga kawasan yang selama ini belum terlayani termasuk Kenyamukan. “Banyaknya warga Sangatta yang terlayani air bersih oleh PDAM, KPC ikut senang karena diantaranya terdapat keluarga besar KPC yang ikut menikmatinya,” aku Rudi.

                IPA Kudungga Sangatta yang dibangun Pemkab Kutim, saat ini menggunakan air dari Danau Kenyamukan salah satu danau buatan KPC. Melalui pipa sepanjang 7kilometer, air yang telah diolah dan diakui lebih berkualitas dari air Sungai Sangatta ini, di IPA Kudungga diproses beberapa tahap temasuk membuang zat besi dan unsur kimia lainnya.

                Dari tangki-tangki PDAM yang ada di IPA Kudungga, air yang dialirkan berkapasitas 100 liter perdetik, sehingga tidak perlu lagi warga harus menampung air di tandon. Dengan kemampuan yang ada, jangkauan layanan PDAM Kutim lebih jauh yakni Sangatta Selatan dan Pelabuhan Laut di Kenyamukan.(SK11)