Beranda kutim adv pemkab Wabup Kasmidi : Karena SDM dan Jarak, Ada Desa Belum Selesaikan LPj...

Wabup Kasmidi : Karena SDM dan Jarak, Ada Desa Belum Selesaikan LPj DD

380
0

SANGATTA (22/10-2019)

Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang mengingatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kutim yang menangani pengelolaan Dana Desa (DD), mengawal proses pengelolaan hingga pencairan DD di tingkat desa. Harapan itu, ia kemukakan karena masih ada desa yang belum menyelesaikan laporan pertanggujawaban (LPj) penggunaan anggaran DD tersebut, sehingga belum bisa melakukan pencairan DD di tahap III dan IV.

“OPD teknis yang selama ini menangani pengelolaan anggaran DD, bisa melakukan pengawalan proses pengelolaannya hingga pertanggungjawabannya di tingkat desa. Salah satu OPD Kutim yang diminta melakukan pengawalan dan kontrol, serts turun langsung ke desa adalah Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutim,” kata Kasmidi.

Wabup Kasmidi Bulang

Ia mengira, rendahnya Sumber Daya Masyarakat (SDM) menyebabkan pengelolaan DD berserta pertanggungjawabannya tersebut tidak terlalu diperhatikan, ditambah lagi jarak antara desa dengan Sangatta yang cukup jauh sehingga penyelesaian di tingkat kabupaten tidak bisa diselesaikan dalam waktu singkat dan memerkukan biaya tidak sedikit.

Sayangnya, akibat tidak rampungnya pertanggungjawaban penggunaan anggaran DD tersebut, berakibat pada terhentinya roda pembangunan desa. Wabup Kasmidi, menyebutkan saat ini baru 80 persen hingga 90 persen desa di Kutim telah menyelesaikan pertanggungjawaban pengunaan anggaran DD tahap III. Sedangkan pencairan anggaran DD tahap IV terus dikejar dengan target selesai dalam dua bulan mendatang.(ADV-KOMINFO)