Beranda hukum Karhutla Mengancam, Kodim Sangatta Gelar Posko Pengendalian Karhutla

Karhutla Mengancam, Kodim Sangatta Gelar Posko Pengendalian Karhutla

206
0

SANGATTA (23/4-2018)
Masalah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menjadi fokus Gladi Posko I Waspada LVII yang digelar Kodim 0909 Sangatta. Gladi yang melibatkan 200 orang anggota Kodim Sangatta ini, dibuka Danrem 091 Aji Surya Natakesuma diwakili Kasiops Korem 091 ASN Kolonel Inf Eben Ezer Lumban Tobing.
Dihadiri Bupati Kutim Ismunandar, Kajari Sangatta Mulyadi serta Polres Kutim, disebutkan Galdi Posko bertujuan memberikan pengetahuan dan kemampuanmelakukan kegiatan yang telah di pelajari atau dilatihkan agar menguasai dan mahir melaksanakan prosedur kerja Komandan dan staf Kodim 0909 Sangatta mulai dari tahap perencanaan, persiapan dan pengendalian suatu operasi.
“Kutim sebagai daerah perkebunan dan masih banyak hutan, karenanya potensi kebakaran hutan bisa saja terjadi terlebih lahan yang selama ini menjadi model pembukaan lahan termudah namun dampaknya besar baik terutama kesehatan,” kata Kolonel Inf Eben Ezer Lumban Tobing.
Hal senada diakui Bupati Ismunandar yang ikut memberikan pembekalan pada pembukaan Gladi Posko yang melibatkan semua perwira dan Koramil se Kutim ini. Menurut Ismu, Kutim yang luas wilayahnya melebihi provinsi Jawa Barat sebagian besar wilayah sudah menjadi perkebunan kelapa sawit. “Potensi kebakaran lahan tinggi, terutama lahan milik rakyat karenanya penanganan Karhutla perlu kerjasama semua pihak,” kata Ismu seraya menggambarkan kondisi kebakaran lahan beberapa tahun lalu.
Terpisah usai pembukaan, Dandim Sangatta Letkol Inf Kamil Bahren Pasha, menyatakan jajarannya siap membantu Pemkab Kutim melakukan pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan maupun lahan. “Kami mengimbau masyarakat tidak lagi membakar lahan yang bisa berakibat pada kebakaran hutan dan lahan, karena berdampak terhadap kesehatan serta iklim,” imbuhnya seraya menerangkan Gladi Posko Pengendalian Karhutla dilakukan selama 3 hari dengan Kodim Sangatta sebagai posko.(SK3/SK11)