Beranda ekonomi Kementan Bantu Petani di Kaliorang Handtractor

Kementan Bantu Petani di Kaliorang Handtractor

664
0
SANGATTA,Suara Kutim.com
 Kementerian Pertanian (Kementan)  memberikan bantuan 4 unit hand tractor (HT) dan trailer kepada   Kelompok Tani Maju Bersama Desa Kaliorang  sebanyak 2 unit, kemudian Kelompok Tani Sri Mukti Desa Bangun Jaya  dan Kelompok Tani Tunas Mekar desa Mukti Rapat Kecamatan Kaliorang masing-masing 1 unit.
Kadis Pertanian dan Peternakan Kutim Syarifuddin Ginting , menyebutkan,   selain hand tractor, Kutim   juga mendapat   hand tractor dari  Pemprov Kaltim sebanyak 16 unit tapi namun  tidak ada trailer.
Bantuan  Pemprov Kaltim  diakui untuk  kelompok tani  di Kaliorang 7 unit, Telen 1 unit, Teluk Pandan 2 unit, Wahau 2 unit, Kaubun 1 unit dan Rantau Pulung 3 unit. “Seluruh bantuan hand tractor  diterima dalam bentuk barang bukan anggaran, namun penyerahannya dilakukan Pemkab Kutim sesuai peruntukannya,” ujar pria yang biasa disapa Ginting ini.
Kepada wartawan ia mengakui, untuk mendapatkan bantuan pemerintah pusat dan Kaltim tidak  mudah karena harus dilengkapi dengan berbagai persyaratan, terutama keabsahan kelompok tani, kemudian lahan yang digarap memang tersedia dan layak selain itu benar-benar menunjang tujuan swasembada beras nasional.
Diharapkan,  kelompok tani penerima bantuan benar-benar memanfaatkan bantuan yang diterima dan digunakan secara merata oleh kelompok. “Hand tractor itu bukan milik ketua saja, tetapi milik bersama karenanya harus ada pemanfaatan yang tepat,” pesan Ginting.(SK-03)