Beranda kutim Kominfo Bangun 2 Tower Telkom di Pedalaman Kutim

Kominfo Bangun 2 Tower Telkom di Pedalaman Kutim

701
0

SANGATTA (27/4-2017)
Pedalaman Kutai Timur yang belum dapat merasakan jaringan telekomunikasi, dalam waktu tidak lama bakal mendapat layanan telekomunikasi. Ini tiada lain, Kementrian Kominfo akan mendirikan dua tower telekomunikasi.
Tower komunikasi ini dibangun di Desa Long Poq Kecamatan Muara Ancalong dan di Desa Mekar Baru Kecamatan Busang. Diharapkan, kelak masyarakat di kedua desa yang selama ini tersisolasi dalam telekomunikasi akan terbuka.
Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Ismail, menyebutkan untuk membangun sebuah Informasi dan Komunikasi diperlukan tiga pilar yang harus dibangun secara bersamaan yaitu infrastruktur, aplikasi dan content. “Apabila ketiga hal ini tidak dibangun secara bersamaan maka Informasi dan Komunikasi tidak maksimal,” ungkap Ismail belum lama ini ketika bertandang ke Samarinda.
Terhadap pembangunan dua tower di pedalaman Kutim ini, Bupati Ismunandar senang karena daerah blank telekomunikasi di Kutim berkurang. “Adanya tower ini, saudara-saudara kita yang ada di pedalaman akan lebih mudah berkomunikasi jarak jauh, mengingat selama ini kalau mau menelpon harus menempuh jarak puluhan kilometer dulu baru bisa, sekarang tinggal diusahakan bagaimana saudara-saudara kita yang ada di daerah pesisir dapat merasakan kemudahan berkomunikasi seperti yang di pedalaman,” ujar Ismu.
Namun belum diketahui sistem pengelolaan kedua tower, pasalnya untuk memancarkan signal telekomunikasi dari dan kedua tower diperlukan generator serta operator. (SK4)