Beranda hukum Kominfo Gelar Bimtek SC, Master Plan Segera Disusun

Kominfo Gelar Bimtek SC, Master Plan Segera Disusun

61
0

SANGATTA (8/11-2018)
Mewujudkan Kutim salah satu kota Smart City, Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Kutim terus melakukan penyempurnaan masterplan gerakan menuju 100 Smart City, melalui bimbingan teknis (Bimtek).
Bimtek yang digelar untuk ke 4 kalinya ini, melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), TNI-Polri, lembaga-lembaga, perwakilan kecamatan dan instansi pemerintah lainnya. Acara yuang menghadirkan narasumber dari Kementerian Komunikasi Informatika RI, Novazanda dan Pembimbing dari Institut Teknologi Bandung Dedi Sishandoyo ini, dibuka Sekda Irawansyah, Rabu (7/11).
“Smart City atau kota cerdas merupakan upaya pemerintah untuk menyelaraskan kebutuhan publik dan pelayanan pemerintah disuatu daerah. Dimana diharapkan dengan program 100 Smart City di Indonesia agar terjadinya pemerataan serta mempercepat pelaksanaan pembangunan yang semakin berkembang,” kata Irawansyah.
Ia berharap, setelah mengikuti Bimtek, semakin tercipta integrasi, singkronisasi dan sinergi, atas perencananan samart city yang digarap bekerjasama dengan UGM. “Sata ini perencanannya sudah diwujudkan, dan sekarang tinggal implementasinya,”kata Irawansyah.
Irawan menambahkan, program Smart City sudah pada tahap pembangunan jaringan sehingga kedepan, antar OPD dan OPD terjalin komunikasi yang baik. Irawansyah juga minta OPD untuk mengirimkan perwakilan minimal 2 pegawai TK2D atau ASN tiap OPD untuk dilatih menggunakan alat komunikasi yang terhubung dengan Smart City nantinya.
“Pemda akan memberikan insentif khusus kepada mereka yang mempunyai sertifikat pada pelatihan Smart City ini. Supaya dapat memberikan motivasi bagi tenaga terlatih yang sudah mendapat pelatihan,” ungkapnya.
Bimtek tahap 4, dijelaskan Darsafani, merupakan rangkaian akhir untuk penyusunan masterplan Smart City yang dimuat dalam 3 buku. “Pada bilan Desember 2018, Kementerian Kominfo akan melaksanakan Fokus Grup Discussion di Jakarta. Dimana setiap daerah wajib mempresentasikan quick win dan masterplan Smart City yang telah disusun selama kegiatan Bimtek implementasi smart city,” jelas pria yang kini dipercaya sebagai Plt Kadis Kominfo Kutim.(SK3)