Beranda kutim KONI Mengeluh, Hadapi Porprov Dana Minim

KONI Mengeluh, Hadapi Porprov Dana Minim

504
0
Salah satu Cabor yang dipersiapkan Kutim di Porprov Kaltim
SANGATTA,Suara Kutim.com
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kutim menghadapi  berbagai even seperti Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) Kaltim , Porpop (Pekan Olahraga Pelajar  Provinsi) serta pekan olahraga remaja nasional dibayang-bayangi dengan minimnya dana, terutama untuk Porprov, yang diselenggarakan September di Samarinda.
Sekertaris KONI Kutim Rudi Hartono menyebutkan  pendanaan menjadi masalah karena menurut  Peraturan Menteri Olahraga,  semua cabang olahraga yang dipertandingkan maupun yang  masuk sebagai eksebisi di  Pekan Olahraga Nasional (PON) harus juga dipertandingkan di Porprov, sementara  ada 38 cabang yang dipertandingkan di Porprov  Kaltim. “Kalau ditambah sesui dengan jumlah PON,  ini menyangkut  pendanaan  dan kesiapan  dan persiapan adlit.   Kalau atlitt melakukan persiapan jelas butuh dana sementara dana untuk  cabor yang akan ditambahkan  mengikuti Porprov ada enam  cabor belum tersedia,” katanya.
Ia menyebutkan, kalau atlit melakukan persiapan   berdasarkan harapan Dispora Kutim yang menjanjikan  akan memberikan anggaran dalam APBD Perubahan (APBD-P)  juga jadi masalah. Sebab  belum tentu anggaran itu ada. “Kalau tidak ada anggaran di APBD-P siapa yang bayar mereka” katanya.
Masalah lain,  ada kemungkinan perubahan jadwal porpov sehingga jika atlit  telah melakukan latihan, melakukan persiapan dengan matang namun  saat  tiba saatnya sesuai jadwal ditentukan ternyata  ditunda persiapan itu  jadi sia-sia.

Diakui,  ini semua karena  masalah penganggaran  tidak melibatkan KONI, kalau dari awal KONI disertakan untuk  penganggaran maka jelas  itu bisa diatasi.  “Kami berharap ke depan ada sinergi antara KONI dan Dinas pemuda Olahraga (Dispora)  dalam hal anggaran, memang masalah prestasi itu  tergantung persiapan Cabor Koni  melakukan monitoring, sedangkan pendanaan  ada di Dispora, masalahnya kalau ada sinergi pasti  masalah persiapan itu dapat dilakukan dengan baik,” sebutnya.(SK-02)