Beranda kesehatan Koramil Sangatta Budayakan Lingkungan Sehat Dengan Membuat 49 WC RT

Koramil Sangatta Budayakan Lingkungan Sehat Dengan Membuat 49 WC RT

146
0

SANGATTA (5/6-2018)
Mendukung program kesehatan keluarga dan lingkungan, Koramil 0909 Sangatta dalam 6 bulan terakhir berhasil membuat 49 Unit Water Closet (WC) RT di Desa Danau Redan Kecamatan Teluk Pandan. Pembuatan WC keluarga ini, kata Danramil Sangatta Kapten Inf Arif S, merupakan bagian Program Karya Bhakti TNI-AD bernama Grakan Masyarakat Membangun Satu Juta Jamban untuk Keluarga Indonesia (GEMA SANG JUARA).
Arif menyebutkan, pada tahun semester II Tahun 2017, Koramil Sangatta bersama masyarakat berhasil membuat 69 unit WC keluarga di Teluk Pandan. “Program Gema Sang Juara dilakukan bersama Dinas Kesehatan Kutim yang merupakan implementasi kerjasama dengan desa untuk mencocokkan data-data tentang keluarga yang akan dijadikan sasaran,” bebernya saat menjelaskan kegiatan yang kesemuanya dari TNI-AD.
Mantan Pasi Intel Kodim Sangatta ini menyebutkan, pembuatan WC RT ditujukan kepada keluarga yang tidak memiliki WC sehingga untuk buang hajat dilakukan disembarang tempat termasuk menggali tanah.
“Masyarakat yang tidak memiliki WC RT selama ini saat menbuang hajat dilakukan dengan cara menggali ditanah, karenanya bersama Dinas Kesehatan untuk melakukam sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat sehingga masyarakat akan paham tentang pentingnya jamban bagi kesehatan, dan harapannya bisa merubah pola hidup bagi masyarakat,” terang Arif.
Ia mengakui, karya bhakt juga dijadikan media berkomumikasi untuk mewujudkan kebersamaan antara TNI – Rakyat dalam menjalin hubungan yang positif untuk mengoptimalkan Pembinaan Teritorial.
Ditambah Arif, Koramil Sangatta membawahi Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Rantau Pulung dan Teluk Pandan. Babinsa, sebut Arif, benar-benar mengenali wilayahnya, ini sebagai bentuk peran TNI dimasyarakat dalam meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial serta mampu mengembangkan komunikasi sosial yang persuasif kepada seluruh lapisan masyarakat. “Pembuatan WC RT disamping dapat meringankan beban rakyat, juga sebagai bentuk implementasi komitmen TNI bersama dalam memangun bangsa,” papar pria yang akrab disapa Arif ini.(SK11)