Beranda kesehatan Koramil Sangatta Kembali Gelar Program GJS

Koramil Sangatta Kembali Gelar Program GJS

135
0
Program GJS Tahun 2019 yang digelar Koramil Sangatta

SANGATTA (3/9-2019)

                Koramil Sangatta terus menggelorakan program Gema Sang Juara atau Gerakan Masyarakat Membangun Sejuta Jamban Untuk Keluarga Indonesia. Gerakan yang bertujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dilakukan dengan membangun 50 jamban kepada warga yang belum mempunyai jamban pribadi.

Program Gema Sang Juara, terang Danramil Sangatta Kapten Inf Arif Safardiyanto, merupakan Program TNI-AD untuk mempelopori masyarakat untuk hidup sehat. Pada  Semester II tahun 2019, terangnya, Koramil Sangatta  akan membangun 50 unit jamban  di Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Rantau Pulung dan Teluk Pandan. “Targetnya Minggu pertama bulan  Nopember 2019 sudah selesai, bersamaan dengan target Kodim Sangatta sebanyak 300 unit,” terangnya mantan Pasi Intel Kodim Sangatta ini, Selasa (3/9).

 “WC keluarga dibuat sesuai standar kesehatan ini, bertujuan membantu warga yang kurang mampu sehingga untuk BAB mereka kerap kesulitan, bahkan menumpang milik tetangga atau di tempat-tempat lainnya,” terang Arif.

Kepada Suara Kutim.com dijelaskan di beberapa kecamatan  masih ada warga yang kurang memperhatikan masalah kesehatan termasuk BAB sembarangan. Sesuai program Kemenskes yakni Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS), sebut Arif, pembuatan WC keluarga disetiap rumah warga kurang mampu bertujuan mendukung program SBS.

Melalui Babinsa dan pembinaan kewilayahan, terangnya, masyarakat oleh jajaran Koramil Sangatta selalu diedukasi dengan berbagai masalah seperti kesehatan, bela negara dan samangat menjaga NKRI termasuk menjaga Kamtibmas. “Kalau lingkungan sehart, masyarakat jadi sehat karena ancaman diare berkurang sehingga masyarakat bisa lebih produktif berkerja,” ungkap Kapten Inf Arif.(SK4)