Beranda hukum Korban Corona Bertambah 1 Orang di Kutim, 1 Orang Meninggal Dunia...

Korban Corona Bertambah 1 Orang di Kutim, 1 Orang Meninggal Dunia di Kubar

271
0

SAMARINDA (27/4-2020)

                Jumlah PDP di Kutim yang diketahui positif terpapar Virus Corona, Senin (27/4) bertambah 1 orang. Plt Kadis Kesehatan Kaltim, Andi Muhammad Ishak menerangkan ada 2 orang PDP diketahui postif yakni di Kutim dan Balikpapan.

Andi Muhammad Ishak

                Dalam keterangan persnya, pasien di Kutim yang diketahui positif yakni seorang pria berusia 52 yang telah menjalani perawatan di RSU Kudungga Sangatta. Warga Kutim ini, ujar Andi Ishak, mengaku menjalani kegiatan di Gowa Sulsel namun ketika kembali ke Sangatta mengalami gangguan kesehatan yakni demam, batuk, pilek, serta memiliki hasil rapid test reaktif.

                Sedangkan di Balikpapan, Corona menghantam seorang pria 56 tahun yang juga mengaku dari Gowa namun menjalani isolasi di rumah sejak tanggal 20 April 2020.

                Menyinggung PDP yang dinyatakan negatif, dengan senang ia menyebutkan ada 19 orang kesemuanya di Balikpapan yakni yang ditangan RSU Kanudjoso Djatiwibowo sebanyak 7 orang, RS Pertamina (5), RS Bhayangkara (6) dan  RST DR R Hardjanto sebanyak 1 kasus.

                Namun  dalam hari yang sama terjadi penambahan 13 PDP yakni di Kutai Kartanegara  tercatat 8 orang. Dari 8 orang, ujar Andi Ishak, 7 orang pria berusia nantara 37 hingga 68 tahun yang kesemuanya sama-sama ke Gowa.

                Sementara 1 orang wanita berusia 52 tahun yang diketahui kontak erat dengan PDP yang terhubung dengan Kluster Gowa dengan keluhan batuk, memiliki gambaran bronchitis, serta memiliki hasil rapid test reaktif.

                Di Kutim tercatat 3 orang, yakni pria usia 36 dan 6 tahun serta 26 tahun yang mempunyai hubungan erat. Di Paser tercatat 1 orang yakni seorang pria berusia 21 tahun yang melakuka perjalanan dari Balikpapan namun ada kontak erat PSR 1.

Kemudian di Kubar diketahui seorang pria berusia 55 tahun masuk program PDP. Pria yang belum lama ini dari Lampung, Jakarta dan Bogor.  Ketika tiba di Kubar, korban menderita  batuk, lesu, dengan comorbid TB Paru. “Telah berobat ke Klinik dan tidak ada perbaikan, kemudian tanggal 27 April 2020 dini hari dirujuk ke RSUD Harapan Insan Sendawar di Melak namun tak lama meninggal dunia,” sebut Andi Ishak.

                Yang membuat Andi Ishak senang, hari ini didapat kabar ada 1 orang pasien korban Corona dinyatakan yakni seorang pria berusia 19 tahun dengan kade perawatan PPU4. “Pasien yang sembuh dari pengaruh Corona ini,  merupakan kluster Gowa yang telah dirawat di RSUD Ratu Aji Putri Botung Penajam Paser Utara sejak tanggal 3 April 2020, dan dinyatakan sembuh  karena dari hasil laboratorium dinyatakan 2 kali dengan hasil negative  serta hasil pemeriksaan klinis dari dokter penanggung jawab pelayanan yang merawat kasus konfirmasi Covid-19 tersebut menyatakan bahwa secara klinis memiliki kondisi sudah sangat baik, tidak ada gejala dan hasil serial foto thoraks menunjukkan tidak didapatkan gambaran Penumonia,” ungkap Andi Ishak.(SK8)