Beranda hukum Korban Corona Terus Bertambah

Korban Corona Terus Bertambah

209
0

SAMARINDA (19/7-2020)

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak mengakui di Kaltim terus  terjadi penambahan terkonformasi positif Covid19.  Pada Ahad (19/7) dfijelaskannya terjadi penambahan sabanyak 20 kasus.

Dalam keterangan persnya, dijelaskan penambahan terjadi Samarinda sebanyak 5 orang,   Balikpapan (9), Berau dan Kutim sama-sama (2), lalu Kubar dan Kukar masing  (1). Sementara  yang sembuh Covid-19 hanay 1 orang yakni di   Balikpapan.

Sata ini, terangnya jumlah   pasien yang   566 orang dan  yang meninggal dunia tetap 18 orang  serta yang masih dirawat 284 kasus. Berdasarkan data, sebutnya, penularan terus terjadi melalui transmisi lokal.

“Masyarakat perlu memahami bahwa potensi penularan masih sangat tinggi, sehingga kebijakan untuk melakukan relaksasi harus benar-benar di ikuti dengan  perkembangan data-data dan analisa dengan baik,” terangnya.

Disarankan, apabila menunjukkan peningkatan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19,  perlu pengetatan pada daerah-daerah yang sudah melakukan pelonggaran karena ini  penting untuk menekan penularan Covid-19.

“enularan Covid-19 melalui manusia sehingga semakin longgar dan semakin banyak mobilisasi manusia, maka semakin terbuka peluang terjadinya penularan Covid-19, karena itu yang terpenting seluru lapisan masysrakat dapat membentengi diri dengan tetap dan taat melalaksanakan protokol kesehatan, selalu memakai masker, jaga jarak, rajin  mencuci tangan serta menghindari  kerumunan orang,” imbuhnya.

Pemerintah Provinsi melalui Satgas percepatan penanganan  Covid-19 Provinsi Kaltim, sebutnya,  tak henti-hentinya mengingatkan bagaimana sikap masyarakat menghadapi penyebaran virus tersebut yang kini terus mengalami kenaikan positif dan cenderung belum ada tanda menurun.

“Kita prihatin hingga saat ini kasus positif terus bertambah, masyarakat  tetap waspada. Jangan lalai dengan kondisi tubuh yang sehat. Masyarakat harus sehat, jika memang tak ingin tertular. Selain itu, pedulilah terhadap orang lain dengan taat protokol kesehatan,” tandasnya.(SK8)