Beranda hukum Korban Korona Jadi 1.072 Orang, Meninggal Hari Ini 2 Orang

Korban Korona Jadi 1.072 Orang, Meninggal Hari Ini 2 Orang

64
0

SAMARINDA (24/7-2020)

                Korban virus Corona di Kaltim, dalam beberapa hari terakhir bertambah signifikan. Dari pemeriksaan swab dan laboratorium, Jumat (24/7) terjadi penambahan 38 orang dengan penyebaran di Paser, Balikpapan, dan Samarinda.

                Dari tiga daerah, terang Plt Kadis Kesehatan Kaltim, Andi Muhammad Ishak ditemukan pasien bari di Paser sebanyak 3 orang, sementara di Balikpapan dan Samarinda masing-masing 13 dan 23 orang. “18 orang  dikonfirmasi positif Covid-19 asimtomatis saat  mengikuti pemeriksaan massal di RS Karantina Bapelkes dan masih dalam proses tracing, namun kesemuanya melakukan isolasi mandiri,” terang Andi Ishak.

Sementara pasien yang meninggal dunia, diketahui sebanyak 20 orang yakni di Paser dan Samarinda. Pasien di Paser yang meninggal dunia, terang Andi Ishak, pria usia 75 tahun yang  suspek bergejala dengan keluhan demam, batuk dan sesak nafas dengan gambaran Pneumonia pada foto thoraks, kasus terkonfirmasi Covid19 pada tanggal 20 Juli 2020 kemudian  dirawat di RSU Panglima Sebaya Paser.  “Hasil diagnose tim klinis terdapat gambaran ARDS dengan comorbid hipertensi, penyakit jantung, dan pada pasien terpasang ventilator. Kondisi pasien memburuk dan

 meninggal dunia pada tanggal  22 Juli 2020 pukul 08.38 Wita, sementara di Samarinda seorang pria usia 54 tahun yang meninggal dunia pukul 13.40 Wita,” beber Andi Ishak.

                Jumlah pasien corona yang diketahui meninggal dunia di Samarinda, bertambah 1 orang ketika diperoleh keterangan seorang pasien yang sedang dirawat di RS SMC Samarinda, wafat Jumat petang tadi. “Benar ada yang meninggal lagi di RS SMC, namun datanya belum masuk ke tim,” terang Andi Ishak.

                Terkait pasien yang sembuh, ia menerangkan berjumlah 32 orang yakni di Kutim ada 8 orang,  Paser (18),  dan Samarinda 6 orang. “Seluruh pasien yang dinyatakan sembuh karena telah melalui masa isolasi 10 hari dan hasil pemeriksaan klinis dari dokter penanggung jawab pelayanan yang

merawat kasus konfirmasi Covid-19 tersebut menyatakan bahwa secara klinis memiliki kondisi sudah sangat baik, tidak ada gejala apa-apa lagi,” ungkap jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kaltim ini.

                Dijelaskan, sejak bulan Maret hingga hari ini, jumlah pasien corona berjumlah 1.072 orang, yang sembuh 703 orang, meninggal dunia 24 orang dan sedang dalam perawatan 345 orang. Khusus di Kutim, disebutkan terdapat 91 orang pasien, sembuh 83 orang, meninggal dunia 1 orang dan sedang dirawat 7 orang.(SK8)