Beranda kesehatan KPC Bantu Pemkab Kutim Sediakan Air Bersih Untuk Masyarakat

KPC Bantu Pemkab Kutim Sediakan Air Bersih Untuk Masyarakat

167
0
Telaga Arang eks tambang PT KPC yang berpotensi memenuhi kebutuhan air bagi IPA Kabo Jaya.(Foto Ist)

SANGATTA (11/1-2019)

Komitmen PT Kaltim Prima Coal (KPC) mendukung program Pemkab Kutai Timur dalam pemenuhan kebutuhan air bersih di  Sangatta dan sekitarnya sudah tidak  diragukan.  Hal ini terbukti dari dukungan penuh PT KPC dalam penyediaan sumber air baku yang kini diolah melalui Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kudungga dari salah satu danau buatan bekas aktivitas tambang milik KPC yang kini lebih dikenal dengan sebutan Telaga Kenyamukan.

General Manager External Affairs and Sustainable Development (ESD) Wawan Setiawan, kepada awak media menuturkan jika sudah menjadi komitmen KPC dalam mendukung seluruh program pembangunan yang diusung Pemkab Kutim. Terlebih dalam upaya penyediaan air bersih, yang memang merupakan kebutuhan dan hajat hidup mendasar bagi manusia.

Lanjutnya, terkait adanya permintaan dari Pemkab Kutim agar PT KPC bisa kembali memberikan dukungannya dalam penyedian sumber air baku bagi PDAM Kutim dalam membeckup IPA Kabo Jaya yang selama ini hanya bergantung pada air Sungai Sangatta sebagai satu-satunya sumber air baku, Wawan mengakui  sangat memungkinan namun KPC terlebih dahulu melakukan kajian-kajian terhadap beberapa cadangan sumber air baku yang kini dimiliki KPC.

Diakui,  belajar dari IPA Kudungga yang kini didukung dari Telaga Kenyamukan dan ternyata hasil air bakunya memiliki kualitas baik, sehingga mampu meminimalkan biaya pengeluaran dalam pengelolaan air baku menjadi air bersih, dengan mengurangi pembelian obat air dan zat kimia lainnya. Selain itu, pengaliran air baku dari Telaga Kenyamukan menuju IPA Kudungga hanya memanfaatkan gaya gravitasi bumi, sehingga tidak memerlukan mesin pendorong atau pompa air.  

Terkait cadangan sumber air baku lainnya yang kini masih dimiliki KPC dan bisa mendukung operasional IPA Kabo Jaya, Wawan mengatakan  KPC masih memiliki beberapa cadangan sumber air baku dari danau buatan seperti  Telaga Batu Arang dan Danau di Pit Jupiter (Pit J).

Untuk Telaga Batu Arang, terangnya,  sudah pernah diadakan kajian dan hasil kualitas air bakunya hampir sama dengan air baku pada Telaga Kenyamukan namun  masih perlu dikaji kembali apakah ketersediaan air bakunya mampu untuk memenuhi kebutuhan suplay air jika IPA Kabo mengalami kemarau ataupun banjir.

 Sedangkan danau pada Pit Jupiter, hingga kini masih dalam proses kajian mendalam. Namun dipastikan jika ketersediaan air bakunya melebihi kapasitas yang dimiliki Telaga Batu Arang maupun Telaga Kenyamukan.

Ia berharap kolaborasi antara Pemkab Kutim dan PT KPC ini bisa terus berlanjut, terutama dalam penyediaan air bersih bagi warga Sangatta dan sekitarnya, bahkan mampu diperluas lagi ke beberapa wilayah lainnya yang memang belum terjangkau penyediaan air bersih.(SK2)