Beranda kutim KPC Berupaya Mengimplementasikan Program CSR

KPC Berupaya Mengimplementasikan Program CSR

1220
0
CEO KPC Endang Ruchijat bersama pejabat KPC lainny
JAKARTA,Suara Kutim.com
   PT Kaltim Prima Coal (KPC)  terus berupaya mengimplementasikan CSR dalam program pembangunan masyarakat dengan menjadi mitra pemerintah dan masyarakat dalam pembangunan berkelanjutan serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
   Karena itu, ujar CEO KPC Endang Ruchijat, KPC selalu ada dan ingin bersama pemerintah dan rakyat Kutim agar pembangunan dan perbaikan kesejahteraan rakyat Kutim membaik dari tahun ketahun.
        Setelah menerima penghargaan ICA 2014 di Balai Kartini Jakarta, Jumat (28/11) malam, Endang Ruchijat. “Apa yang dilakukan KPC selama ini sesuai misi yakni menjalin hubungan harmonis dengan pemangku kepentingan berdasarkan prinsip saling percaya dan saling menghargai,” bebernya.
            Misi lainnya, ujar Endang yakni menjaga tatanan masyarakat dengan memelahara kelestarian alam dan budaya. Bersama pejabat KPC lainnya, disebutkan semua program diarahkan sesuai visi dan misi. “Karyawan KPC itu bagian dari masyarakt Kutim juga, karenanya secara langsung akan memberi pengaruh besar kepada masyarakat terutama ekonomi Sangatta dan Bengalon,” ungkap lulusan sarjana tambang ini.
PT   KPC    sebuah perusahaan penghasil batubara terbesar di Indonesia. Perusahaan ini adalah salah satu anak perusahaan PT. Bumi Resources (Tbk). Meski bergerak di tambang batua bara yang dianggap kerap merusak lingkungan, ternyata KPC tetap peduli sehingga berkali-kali mendapatkan penghargaan dari pemerintah.
            KPC sendiri diajang 3 tahunan yang digelar  Corporate Forum for Comumunity Development (CFCD) berhasil menyabet sembilan  penghargaan  dengan   predikat platinium, gold dan silver masing-masing tiga.
            Predikat platinum diberikan CFCD terhadap program Konservasi Energi Dalam Rangka Mitigasi Perubahan Iklim, kemudian  program pengembangan dan akses atas teknologi dengan kegiatan pengembangan batik lokal Wakaroros, serta di program investasi sosial untuk kelembagaan sosial ekonomi yakni dalam penguatan BUMDES dalam rangka mengelola usaha pelayanan listrik desa di Rantau Pulun.
            Penghargaan berupa predikat gold, diraih KPC pada kegiatan Rumah Kemas Olsabara, Program Senyum dan Harapan serta di program Pembangunan RSU Sangatta. Predikat silver didapat dari program Pemanfaatan Lahan Pascatambang untuk wisata alama dan peternakan sapi terpadu, kemudian program bertitel Meretas Warna Meraih Asa, serta program Pelatihan pra purna bakti bagi karyawan PT KPC yang akan menjalani MPP.
            Keberhasilan PT KPC ini tentu jauh diatas raihan perusahaan lainnya diantaranya PT Badak LNG, PT Adaro Indonesia, PT Antam (Persero) Tbk, PT Donggi Senoro LNG dan PT Kideco Jaya Agung.(SK-05)