Beranda ekonomi KPC dan YPPSB Kembali Bantu Sembako Warga Kutim

KPC dan YPPSB Kembali Bantu Sembako Warga Kutim

350
0
Manager External Relation Yordhen Ampung (kanan) menyerahkan secara simbolis bantuan sembako kepada supir Angkot, yang diwakili oleh Ketua DPC Organda Abdul Haris (kiri)

SANGATTA (22/5-2020)

Karyawan PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan para guru Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara (YPPSB)  , Jumat (22/5) kembali menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat. Bantuan yang ketiga kalinya  sejak pandemi Covid-19 (C19) mewabah,  menyasar warga masyarakat yang terdampak langsung Corona.

GM External Affairs and Sustainable Development KPC Wawan Setiawan menerangkan  800 orang  penerima tersebut adalah mereka yang paling terdampak dengan adanya C19 di Kutai Timur. “Distribusi  800 paket sembako, difokuskan kepada warga terdampak C19 yang sudah disurvei sebelumnya,” kata Wawan seraya menambahkan bantuan keluarga besar KPC ini  diberikan kepada warga Sangatta Utara dan Selatan.

Sebelumnya,  KPC – YPPSB mendistribusikan 233 paket dan 500 paket sembako. Warga terdampak yang masuk kriteria menurut Wawan Setiawan adalah mereka yang sebelumnya berdaya secara ekonomi, namun akibat Corona  menjadi tidak berdaya. “Harus kita akui memang jumlah yang terdampak ini sangat banyak. Maka kami filter lagi, bagi yang sudah menerima dari pemerintah dan lembaga lain, tidak diberikan lagi dari KPC -YPPSB ini,” kata Wawan seperti sopir angkot.

Hari salah satu sopir angkot mengakui, sedikit orang menggunakan jasa angkot sehingga berdampak terhadap penerimaan sopir termasuk yang harus dinikmati bersama keluarga.  ‚ÄúSebagian besar armada kami mangkrak dan supir-supirnya tidak bekerja lagi,” kata Abdul Haris, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Organda Kabupaten Kutai Timur.

Selain KPC-YPPSB, secara bersamaam, bantuan serupa juga disalurkan   Perhimpunan Ahli Pertambangan (PERHAPI) Kutim ikut melakukan aksi sosial yang sama. PERHAPI yang mayoritas anggotanya adalah karyawan KPC dan kontraktor, membagikan sembako melalui Kerukunan Bubuhan Banjar Kutai Timur (KBBKT).

Ketua PERHAPI Kutai Timur Seno Syahrin dan Ketua Panitia Indra Kadir menyatakan, distribusi sembako ini juga menyasar warga terdampak C19. Pada kesempatan ini, PERHAPI membagikan 70 paket sembako, 300 masker dan sedikit bantuan operasional KBBKT. Selain kepada KBBKT 300 masker tersebut dibagikan langsung di jalanan oleh PERHAPI. “Semoga bantuan ini bisa  meringankan beban masyarakat akibat Covid-19 ini,” kata Seno.(SK4)