Beranda hukum KPU Kutim Siap Umumkan Bacalon Peserta Pilkada

KPU Kutim Siap Umumkan Bacalon Peserta Pilkada

237
0

SANGATTA (20/9-2020)

                Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutim memastikan tahapan Pilkada Kutim tetap pada jadwal yang ditetapkan, meski ada pergeseran pasangan calon menjalani pemeriksaan kesehatan dan psikologi. Kepastian itu, diungkap Ketua KPU Kutim Ulfa Jamiatul Farida saat berlangsung Rakor dengan Pemkab dan Forkopimda Kutim belum lama ini.

Dalam rapat yang dipimpin Sekda Irawansyah itu, Ulfa menjelaskan KPU akan melakukan sosialisasi Peraturan KPU (PKPU) tentang pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wagub, Bupati dan Wabup dan atau Walikota serentak dalam lanjutan kondisi bencana non-alam COVID-19.

“Dalam  PKPU tersebut  tahapan Pilkada harus tetap berjalan dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan, baik oleh penyelenggara, Paslon  dan pemilih,” ungkap Ulfa.

Dijelaskan, pada Rabu (23/9) KPU akan melakukan rapat penetapan Bacalon yang memenuhi syarat, sehari kemudian dilakukan pengundian nomor urut Paslon. Ia mengakui, kedua tahapan yang bakal digelar KPU akan dilaksanakan dengan Prokes ketat.

KPU sebagai penyelenggara akan  sesuai dengan aturan yakni, menjalankan protokol kesehatan seperti sebelum masuk ruangan harus dicek suhu terlebih dahulu, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan disiapkan hand sanitizer.

“Kapasitas dalam ruangan  dikurangi dari biasanya yakni  maksimal 40 persen dari kapasitas normalnya, karenanya yang bisa masuk akan diseleksi ketat, namun yang menjadi perhatian bersama massa yang berada diluar ruangan,” bebernya.

 Diakui, mulai Sabtu (26/9) hingga tanggal 5 Desember 2020 merupakan masa  kampanye yang harus diwaspadai karena potensi pengumpulan massa lebih banyak. “Diharapkan komitmen dari semua peserta (Paslon) agar mencegah terjadi pertemuan yang lebih banyak dan tidak mentaati Prokes,” tandasnya.

                Dalam Rakor  yang digelar Badan Kesbangpol Kutim banyak masukan disampaikan peserta diantaranya dari Komisioner Bawaslu Kutim Budi Wibowo, Dandim 0909 Sangatta Letkol CZI Pabate, perwakilan Lanal Sangatta, Kepala Pengadilan Negeri Sangatta Rahmat Sanjaya, Kepala Dinas Kesehatan Kutim  Bahrani. “Kita berharap Pilkada ini berjalan dengan baik dan lancar, meski ditengah kondisi covid 19  yang mengharuskan kita untuk bisa menjaga kesehatan kita masing-masing . Seperti kita ketahui bersama, bahwa COVID-19 saat ini, bukan malah menurun, tapi trendnya makin meningkat dalam beberapa pecan terakhir,” sebut Sekda Irawansyah.(SK5)