Beranda kutim Kunjungi Eks Tambang KPC, Ketua PT Kaltim Fose Dengan Ulin

Kunjungi Eks Tambang KPC, Ketua PT Kaltim Fose Dengan Ulin

134
0
Ketua PT Kaltim Sutoyo saat berkunjung ke eks tambang PT KPC.

SANGATTA (15/4-2019)

                Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Kaltim, Sutoyo mengakui program rehabilitasi lahan yang digarap PT Kaltim Prima Coal (KPC) memberi manfaat banyak kepada lingkungan. Saat bertandang ke Kutim, Sutoyo beserta rombongan, menyempatkan diri berkunjung  ke  lokasi pembibitan KPC di Nursery, kolam  paska tambang Telaga Batu Arang (TBA) dan Peternakan Sapi Terpadu (PESAT).

Didampingi Ketua Pengadilan Negeri Sangatta Rahmat Sanjaya,  Ketua Pengadilan Negeri Samarinda Halim Amran  dan sejumlah hakim, rombongan tampak terkesan dengan program rehabilitasi yang dilakukan KPC. 

Kepada tamunya, Manager Legal Ronald Maruli Sihombing dan Superintendent Local Government Relation Gaga Nugraha menerangkan detail apa yang dilakukan KPC pasca tambang.  Di Nursery, rombongan antusias melihat proses  pembibitan  tanaman yang jumlahnya mencapai 75 spesies.

 Ketua PT Kaltim Sutuyo, sempat secara khusus berpose di depan pohon ulin besar yang ada di Nursery. Ia menitipkan pesan kepada Wahyu Wardana, Superintendent Reclamation Operation yang menerima mereka di Nursery, agar menjaga kelansungan pohon-pohon local serta keanekaragaman hayati di area reklamasi KPC.

Selesai mengunjungi Nursery, rombongan Ketua PT Sutoyo langsung menuju kolam paska tambang di Telaga Batu Arang (TBA). Di lokasi yang merupakan bekas Pit Surya tersebut, rombongan menikmati kesejukkan telaga dan areal hutan seluas 270 hektar tersebut. Kunjungan berakhir di PESAT dengan mencoba susu hasil olahan di peternakkan paska tambang tersebut.

Selama kunjungan, Sutoyo mengaku terkesan dan mendapatkan informasi positif tentang rehabilitasi lahan paska tambang KPC. “Setelah kami lihat tadi di Nursery dan kolam paska tambang, saya lihat bagus. Artinya, dampak lingkungannya bagus. Tanaman hidup dengan baik dan ikan juga hidup di kolam tambang,” kata Sutoyo.

Sutoyo melihat, paska tambang bisa dijadikan lahan pertanian dan pengembangan perikanan. “Setelah melihat KPC ini, saya merasa paska tambang bisa dikelola untuk kepentingan perikanan dan pertanian. Ya, menurut positif sekali,” katanya.(SK4)