Beranda kutim Kutim Masih Butuh Ribuan Guru PNS

Kutim Masih Butuh Ribuan Guru PNS

887
0
Iman Hidayat
SANGATTA,Suara Kutim.com
  Dinas pendidikan dan Kebudayaan  Kutim, untuk sementara   mengandalkan honorer dan Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D) untuk memenuhi kebutuhan guru.  Data yang ada, hampir  50 persen  guru yang aktif di sejumlah sekolah  berstatus  honorer sekolah, UPTD atau  TK2D selain itu  terdapat 303 di sekolah negeri di Kutim.
Kadisbud   Iman Hidayat pada wartawan diruang kerjanya, Rabu (26/11) menyebutkan  kebutuhan guru PNS sebanyak  4.500 orang sementara  yang sudah ada baru 2401 orang, kekurangannya dipenuhi dari TK2D dan honorer sekolah dan guru bantu.
Disebutkan, dua tahun lalu, melalui Bupati Isran Noor diusulkan   1. 750 orang  tapi  tahun  lalu hanya mendapat formasi  175, parahnya tahun 2014 hanya  29 orang.  “Kalau seperti ini bisa sepuluh tahun lagi baru terpenuhi kebutuhan guru PNS di Kutim,” sebut Iman Hidayat.
Akibat  banyaknya guru honorer semua gaji ditanggung dari biaya operasional sekolah, sehingga mendapat  gaji   minim. Lebih jauh, Iman menyebutkan gaji gguru honorer tergantung  dana operasional sekolah (BOS).
Iman menambahkan,  Dikbud Kutim   sejak tahun 2013 telah mengangkat 400 TK2D kemudian    tahun depan  alokasi dana untuk Disdik memungkinkan mengangkat TK2D baru sebanyak 300 orang. “Kami lihat dulu anggaran yang dialokasikan untuk disdik, karena alokasinya tergangtung ketersediaan APBD,” ujar Iman Hidayat.
Diakui,  penambahan  TK2D ini dimaksudkan  untuk mengurangi guru honorer disekolah. Sebab dengan guru TK2D  yang bertanggungjawab masalah penggajiannya adalah Disdik. “TK2D diangkat dengan SK dari bupati berbeda dengan honorer, yang hanya diketahui dan dibayar sekolah,”bebernya seraya menyebutkan gaji honorer sekolah antara Rp500-700 ribu.(SK-02)