Beranda kutim Kutim Minta Perhatian Pusat, Kerap Diabaikan Karena Data Kurang

Kutim Minta Perhatian Pusat, Kerap Diabaikan Karena Data Kurang

1175
0
Kondisi jalan Rantau Pulung - Muara Bengkal yang memerlukan perhatian serius.

SANGATTA (19/1-2018)
Sadar dengan kemampuan keuangan daerah dalam melaksanakan pembangunan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur

Sekda Irawansyah
(Kutim) akan memaksimalkan program-program pembangunan yang dibiayai dari pemerintah pusat.
Pemkab Kutim, ujar Sekda Irawansyah, berencana dalam waktu dekat mengundang pemerintah pusat untuk menilai seberapa kesiapan dan keseriusan Pemkab Kutim dalam usulan bebepara proyek pembangunan di Kutim yang memang akan dibiayai penuh oleh pemerintah pusat.
“Rencananya awal bulan depan, akan mengundang pemerintah pusat yang terdiri dari Dirjen Pembangunan Daerah (Bangda) dan Kementrian Pekerjaan Umum, untuk duduk bersama membahas rencana dan usulan proyek pembangunan yang akan dikerjakan di Kutim,” sebut Irawansyah ketika disambangi Suara Kutim.com belum lama ini.
Ia mengungkapkan, selama ini usulan Kutim ke pemerintah pusat, dinilai belum siap dalam perencanaan pembangunan seperti belum menyiapkan desain perencanaan proyek atau Detail Engenering Desain (DED) selain itu menyiapkan lahan pembangunan.
Ditemui di ruang kerjanya, Irawan menyebutkan setiap usulan disampaikan kepada pusat, hanya 20 persen yang ditanggapi akibat dianggap belum siap. Diakui, mulai tahun 2018, setiap usulan yang diajukan sudah dibarengi dengan menyertakan dokumen kesiapan desain perencanaan dan kesiapan lahan pembangunan yang sudah dibebaskan.
Diakui, selama ini banyak usulan proyek strategis yang diajukan Pemkab Kutim kepada pemerintah pusat untuk bisa dikerjakan di Kutim mulai infrastruktur, listrik, air bersih hingga kesehatan. “Kita menuntut adanya perhatian serius karena sumbangan Kutim ke pusat itu tidak sedikit, tetapi yang diterima jauh dari harapan,” ungkapnya.(SK3)