Beranda ekonomi Kutim Siapkan 5 Ribu Hektar Untuk Pengembalaan Sapi

Kutim Siapkan 5 Ribu Hektar Untuk Pengembalaan Sapi

679
0
Salah satu peternakan sapi milik masyarakat di Rantau Pulung

SANGATTA (20/8-2-17)
Pemkab Kutim akan melakukan pengembangan padang pengembalaan sapi sebagai wujud dukungan swasembada daging sapi nasional. Melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), pengembangan padsa penggembalaan ini sesuai rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) 2015-203.
Kepala Bappeda Kutim Ir H Sumarjana MP, belum lama ini, menyebutkan, lahan penggembalaan sapi ada di Sandaran dan Muara Ancalong, seluas 5 Ribu hektare. “Memang masih wacana, namun rencana tersebut menjadi potensi pengembangan daerah yang sangat baik dimasa datang. Apalagi isu dan permasalahan kurangnya daging sapi sampai saat ini masih terjadi,” terangnya.
Pengembangan padang penggembalaan sapi, diakuinya menjadi strategis karena selama ini tidak pernah dibicarakan. Ia mengungkapkan, lahan yang dicadangkan masuk KBK (Kawasan Budidaya Kehutanan) tetapi dalam RTRW Kabupaten Kutim sudah menjadi holding zone atau kawasan online.
“Persoalannya harus dibicarakan dengan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup terlebih dahulu. Untuk merubah pola ruang dan status kawasan dari KBK ke areal pemanfaatan lain atau bisa dibikin dengan metode agro silvo fasturi, gabungan antara hutan dan ternak,” jelasnya.
Jika terwujud, Kutim bisa mendukung Indonesia untuk mewujudkan swasembada daging. “Semua program menjadi kebijakan Bupati Kutim. Kapan ingin mengembangkannya atau kapan mengundang investor berinvestasi mengembangkan kawasan dimaksud,”
bebernya.(SK11)