Beranda kesehatan Kutim Targetkan Tahun Depan Raih Penghargaan Adipura

Kutim Targetkan Tahun Depan Raih Penghargaan Adipura

29
0
BERBAGI

SANGATTA (11/6-2017)
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim) berupaya tahun depan , Kota Sangatta bisa menerima penghargaan Adipura. Melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kutim, diharapkan terjadi pembenahan pada titik penilaian.
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kutim, Aji Muhammad Fitra Firnanda, menyebutkan ada beberapa titik yang menjadi fokus dilakukan pembenahan karena menjadi salah satu penilaian Adipura seperti Gang Antasari di Jalan Diponegoro Kecamatan Sangatta Utara. “Yang dibangun bukan hanya jalan pemukiman, tetapi termasuk drainase dan tanaman peneduh. Walaupun dengan keterbatasan anggaran yang ada, namun pihaknya tetap mengupayakan pembenahan lingkungan secara menyeluruh. Terlebih, rencana pembenahan Gang Antasari ini sudah disusun lama,” terangnya.
Pria yang akrab disapa Nanda ini mengungkapkan pembenahan Gang Antasari akan menggandeng masyarakat dalam upaya pengelolaannya. Menurutnya, pemkab melakukan pembangunan sementara masyarakat diwajibkan menjaga dan merawat fasilitas yang sudah dibangun.
Disebutkankan, tahun ini selain mengerjakan pembenahan juga dilakukan pembangunan drainase dan jalan pemukiman, walaupun hanya pada beberapa wilayah tertentu di kota Sangatta. Nanda mengatakan, upaya pembenahan lingkungan sebenarnya bukan hanya menjadi tanggungjawab Pemerintah, namun juga menjadi tanggungjawab warga masyarakat.
Upaya masyarakat menjaga dan merawat lingkungan tempat mereka tinggal , diakui Nanda, meringankan pemerintah sehingga pemerintah hanya perlu memoles sedikit untuk lebih mempercantik karena sejak awal masyarakat sudah berupaya menjaga keasrian lingkungan mereka.
Gang Antasari salah satu gang yang kini terus menjaga keasriannya setelah menjadi peserta lomba Kampung Bersemi yang digagas PT KPC bersama Dinas LH. Selain Gang Antasari, gang yang tampak kini tampak Asri yakni Gang Mujur Jaya.(SK3)