Beranda hukum Kutim Terima Opini WTP Dari BPK Kaltim

Kutim Terima Opini WTP Dari BPK Kaltim

1372
0
Bupati Ismuandar menerima penghargaan BPK berupa opini BPK atas laporan keuangan tahun anggaran 2016.

SAMARINDA (30/5-2017)
Pemkab Kutim kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terjadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2016. Predikat WTP itu diterima Bupati Ismundar dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (30/5) siang.
Kepala Bagian Humas Setkab Kutim Heri Suprianto, Selasa (30/5) petang kepada Suara Kutim.com menerangkan predikat WTP juga diterima Kabupaten Kukar, Kutai Barat, Paser, PPU, Kota Samarinda, Balikpapan dan Bontang. Sedangkan Berau dan Mahakam Ulu mendapat penilaian Wajar Dengan Pengecualian (WDP). “Pemeriksaan oleh BPK juga ketat, audit dilakukan serius namun diakui ada beberapa hal yang harus dibenahi,” terang Heri.
Kepala BPK Perwakilan Kaltim, Dori Santosa, mengungkapkan ‎audit atas LKPD 2016 berdasarkan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara. Semua auditor, terangnya harus mematuhi kode etik BPK serta merencanakan dan melaksanakan pemeriksaan untuk memperoleh keyakinan memadai apakah laporan keuangan tersebut bebas dari kesalahan pengajian material.
“BPK memberikan opini WTP kepada 8 kabupaten dan kota, sementara 2 kabupaten mendapat penilaian WDP. Opini WTP merupakan pernyataan profesional dengan ‘kewajaran’ laporan keuangan, bukan merupakan ‘jaminan’ tidak adanya fraud ditemukan atau kemungkinan timbulnya fraud di kemudian hari,” jelas Dodi dalam acara yang dihadiri semua kepala daerah dan ketua DPRD. (SK12)