Beranda ekonomi Lanal Sangatta Gelar Serbuan Vaksin Terhadap Masyarakat Maritim, Warga Sangatta Rela Antri...

Lanal Sangatta Gelar Serbuan Vaksin Terhadap Masyarakat Maritim, Warga Sangatta Rela Antri Sejak Dini Hari

247
0
Danlanal Sangatta, Letkol (P) I Komang Nurhadi, memantau langsung pelaksanaan serbuan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat maritim di Mako Sangatta, Sabtu (3/7/2021)

SUARAKUTIM.COM; SANGATTA—Sebagai bentuk komitmen terhadap program vaksinasi massal kepada msyarakat secara nasional, TNI Angkatan Laut melalui Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Sangatta, Sabtu (3/7/2021), menggelar serbuan vaksinasi massal terhadap masyarakat maritim, khususnya yang ada di Kota Sangatta. Bertempat di Markas Komando (Mako) Lanal Sangatta, Kompleks Perkantoran Pemerintah Kutim, Bukit Pelangi, kegiatan serbuan vaksinasi ini mendapatkan antusiasme luar biasa dari masyarakat Sangatta. Bahkan, terpantau sejak subuh hingga pukul 07.30 WITA, ratusan masyarakat terlihat sudah antri dan memadati di depan gerbang Mako Lanal Sangatta.

Danlanal Sangatta, Letkol (P) I Komang Nurhadi

Komandan Lanal Sangatta (Danlanal) Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi menjelaskan, bahwa pelaksanaan vaksinasi merupakan rangkaian sinergisitas antara TNI-POLRI dan Pemerintah terhitung sejak tanggal 26 Juni yang lalu.

Untuk pelaksanaan kali ini, Danlanal mengaku kaget melihat besarnya antusias masyarakat untuk datang ke Mako, bahkan ada masyarakat yang rela datang dari pukul 3 dini hari. Namun, lantaran ketersediaan vaksinasi hanya 500 dosis, sehingga dirinya tidak dapat memfasilitasi seluruh masyarakat yang datang.

“Antusias dari masyarakat saat ini, alhamdulilah. Kalo sebelumnya kita mencari masyarakat yang mau divaksin, sekarang yang divaksin mencari tempat vaksin. Jadi kita bersyukur masyarakat sudah memiliki kesadaran yang tinggi pentingnya vaksinasi,” jelas Danlanal.

Antri, warga Sangatta didata saat mengikuti pelaksanaan serbuan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat maritim di Mako Sangatta, Sabtu (3/7/2021)

“Untuk saat ini jatah kita 500, karena memang ketersediaan hanya 500. Tadi saya arahkan untuk yang belum terfasilitasi tidak perlu khawatir, karena ini akan dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan,” tambahnya.

Bahkan untuk memudahkan masyarakat pesisir yang ingin melaksanakan vaksinasi, Lanal Sangatta juga melakukan jemput bola menggunakan bus, terhadap masyarakat binaan di desa pesisir pantai Kenyamukan yang ingin mengikuti vaksinasi, namun tidak memiliki kendaraan.

Foto bareng, Danlanal Sangatta, Letkol (P) I Komang Nurhadi bersama warga yang telah mengikuti vaksinasi Covid-19 gratis di Mako lanal Sangatta, Sabtu (3/7/2021)

Terkait pelaksanaan vaksinasi lanjutan, Danlanal belum mengetahui waktu kedatangan vaksin. Namun yang pasti, pihaknya akan selalu siap untuk mensukseskan pelaksanaan vaksinasi.

“Seluruh komponen bangsa, TNI-POLRI, Dinas Kesehatan, Pemerintah Daerah akan melaksanakan perintah Presiden. Kita selalu siap melaksanakan itu, demi masyarakat sehat. Karena yang satu sehat akan menyelamatkan nyawa yang lain. Ini harus diprogramkan semua, tanggung jawab bersama untuk memperlambat penyebaran Covid-19,” tutup Danlanal.(Redaksi/*)