Beranda hukum Launching Pilkada Kutim 2020, KPU Kutim Kenalkan “Si Badas”

Launching Pilkada Kutim 2020, KPU Kutim Kenalkan “Si Badas”

481
0

Sangatta (5/12/2019)

Pemukulan gong oleh Sekda Irawansyah, menandai peluncuran Pilkada Kutim 2020

Komisi pemilihan Umum (KPU) Kutai Timur (Kutim), Kamis (5/12), secara resmi melaksanakan peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kutai Timur Tahun 2020. Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Pemerintah Kutim, kegiatan ini dihadiri seluruh pengurus Partai Politik (Parpol) peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang ada di Kutim, Tokoh Masyarakat, jajaran pimpinan perangkat daerah (PD) Pemkab Kutim, serta perwakilan pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di kota Sangatta. Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kutim 2020, ditandai dengan pemukulan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kutim, Irawansyah didampingi Ketua KPU Kutim, Ketua KPU Kaltim, Ketua Bawaslu Kutim, serta Komisoner KPU Kaltim dan Kabupaten/Kota.

Ketua KPU Kutim, Ulfa Jamilatul Farida menjelaskan peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kutim Tahun 2020 kali ini merupakan salah satu bagian dalam tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kutim 2020. “Secara resmi tahapan Pilkada se-Indonesia telah diluncurkan oleh KPU Pusat. Sementara untuk Kutim sendiri, tahapan Pilkada 2020 sudah dimulai sejak awal Bulan Oktober 2019 kemarin. Namun lebih elok jika KPU Kutim juga menggelar peluncuran Pilkada Kutim 2020, sebagai upaya lebih mengenalkan pelaksanaan dan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kutim Tahun 2020 mendatang secara luas kepada masyarakat Kutim, terutama di tingkat bawah,” ungkap Ulfa.

Dalam pelaksanaan peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kutim Tahun 2020, KPU Kutim juga mengenalkan maskot Pilkada Kutim 2020, yakni Si Badas yang merupakan boneka replika buaya Badas yang merupakan hewan endemik khas Kutai Timur. “Nama “Si Badas” sendiri merupakan singkatan dari Bersama Wujudkan Pilkada Cerdas dan Berintegritas. Maskot ini merupakan hasil sayembara yang dilakukan KPU Kutim, termasuk mengelar sayembara pembuatan jingle Pilkada Kutim 2020,” ujar Ulfa.