Beranda kutim Motor Elektrik Manjakan Jamaah Haji Laksanakan Tawaf dan Sai

Motor Elektrik Manjakan Jamaah Haji Laksanakan Tawaf dan Sai

107
0
Motor elektrik yang bisa dipakai untuk tawaf dan sai

MAKKAH, (8/8-2018)
Jamaah haji yang kesulitan untuk melaksanakan tawaf atau sai tidak perlu repot, pasalnya selain terdapat petugas kursi roda juga disedikan motor elektrik. Meski kedua alat sama-sama dibayar masing-masing 100 Riyal Saudi atau Rp400 ribu.
Namun yang lebih menguntungkan menggunakan motor elektrik, sarana yang baru disediakan di Masjidil Haram ini bisa digunakan berdua artinya jauh lebih hemat jika menggunakan kursi roda. “Motor elektrik menyenangkan sekali karena mudah digunakan juga bisa diboncengi 2 orang, selain itu suasananya lebih tenang sehingga fokus untuk melakukan tawaf dan sai,” kata sejumlah pengguna motor elektrik.
Motor elektrik yang tampak baru itu, jumlahnya ratusan unit berada di lantai 4 masjidil haram. Untuk mencapai tempat motor elektrik ini, jamaah bisa menggunakan ekskalator atau jalan kaki sedangkan lift tampaknya sedang dipersiapkan.
Pengamatan Suara Kutim.com, penguna motor elektrik umumnya jamaah yang sedang melaksanakan umrah sementara yang tawaf sunat umumnya tetap melaksanakan tawaf di areal yang ada baik di pelantaran maupun sejumlah tempat lainnya, namun karena banyaknya jamaah sebagian besar jamaah lanjut usia memilih tawaf di lantai dua meski lebih luas. “Terpenting aman dan tidak berdesak-desakan,” kata Salbiah (63) salah satu jamaah asal Indonesia.(SK12)