Beranda foto Mugeni : SK Pembentukan Kutara Sudah Diterbitkan Bupati

Mugeni : SK Pembentukan Kutara Sudah Diterbitkan Bupati

1350
0
Salah satu potrer kehidupan masyarakat pedalaman Kutai Timur, mereka masih banyak memerlukan sentuhan pembangunan oleh pemerintah. Diharapkan, dengan pembentikan Kutai Utara penyediaan fasilitas publik untuk mereka bisa diwjudkan lebih cepat.

SANGATTA,Suara Kutim.com (29/7)

Mugeni - Ketua Benteng Mawakal
Mugeni – Ketua Benteng Mawakal
Bupati Ardiansyah Sulaiman telah memberikan persetujuan serta dukungan untuk pembentukan Kabupaten Kutai Utara (Kutara) yang sudah disetujui DPRD lima tahun lalu. Surat yang sudah lama dinantikan tim Pemekaran Kutim ini, dijelaskan Mugeni – Ketua Benteng Mawakal sudah disampaikan ke Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak. “Sudah, semua surat dari pak bupati sudah diterbitkan bahkan telah disampaikan ke gubernur,” kata Mugeni, Rabu petang di Kantor Bupati Kutim.
Mugeni yang sehari-harinya Asisten Kesra Setkab Kutim menerangkan persetujuan dan dukungan Bupati Ardiansyah terhadap pembentukan Kutai Utara, punya alasan kuat yakni persetujuan DPRD Kutim yang diputuskan dalam Rapat Paripurna.
Alasan lain, ungkap Mugeni, potensi sumber daya alam serta kondisi kekinian di wilayah administrasi Kutai Utara, mendukung. “Saya secara pribadi sempat bertemu dengan Pak Awang, beliau mendukung pembentukan Kutai Utara kini kelengkapan administrasi diharapkan sudah rampung,” ujar pria kelahiran Muara Ancalong ini.
Sebelumnya, Majedy Effendi – Ketua Tim Pemekaran Kutai Utara, Rabu (22/7), menyebutkan Bupati Ardiansyah merestui pembentukan Kutara dan menjanjikan dalam pekan ini SK Persetujuan sekaligus dukungan diterbitkan.
Disebutkan Majedy, proses pembentukan Kutara diawali dari aspirasi masyarakat yang diseteujui DPRD dalam rapat Paripurna bahkan saat Kutim dipimpin Mahyudin juga direstui, namun ada beberapa tahapan yang harus dipenuhi.
Majedy menyebutkan warga pedalaman kembali semangat untuk meneruskan perjuangan membentuk Kutai Utara setelah Bupati Ardiansyah memberikan sinyal positif. “Kabar bahagia itu kami dapat dikala bersilahturahmi pada bulan puasa lalu, kini prosesnya sudah masuk dalam tahap yang sangat mengembirakan karena bakal diterbitkan surat persetujuan bupati berikut dukungan jika pusat merestui pembentukan Kutai Utara,” jelasnya.
Berdasarkan kajian yang dilakukan tim termasuk penelitian oleh Unmul Samarinda, Kabupaten Kutai Utara nantinya terdiri Kecamatan Kongbeng, Muara Wahau, Telen, Batu Ampar, Long Mesangat, Busang, Muara Bengkal dan Muara Ancalong.(SK-02/SK-03/SK-04/SK-11)