Beranda ekonomi Obyek Wisata Bersih, Wisatawan Senang

Obyek Wisata Bersih, Wisatawan Senang

40
0
Salah satu sudut Teluk Kaba Sangatta Selatan yang menarik wisatawan selain hutan bakaunya, meski jalan ke Teluk Kaba belum beraspal.(Foto ist)

SAMARINDA (14/9-2020)

 Mengembangkan obyek kepariwisataan di desa atau kampung  hingga menjadi tujuan wisata, bisa terwujud baik diakui Gubernur Kaltm Isrann Noor, ada ditangan masyarakat sebagai pemilik obyek wisata.

Ia menyebutkan sederet lokasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan, karena obyek wisatanya nyaman dan aman. “Kebersihan lingkungan obyek wisata  harus dibangun terlebih dulu oleh masyarakat dan dijaga dengan baik,sehingga membuat pengunjung nyaman saat bertandang,” ungkap Isran.

Belum lama ini, ia menyebutkan jika  masyarakatnya sudah sadar maka pemerintah dengan mudah membantu apa yang menjadi kekurangan. “Mulailah dari kebersihan lingkungan daerah sendiri khususnya di lokasi obyek wisata yang diandalkan masyarakat setempat,” sebut Isran ketika bertemu dengan sejumlah pelaku wisata belum lama ini.

Menurutnya, pabila lingkungan masyarakat setempat sudah baik atau bersih,  otomatis pengunjung atau pendatang pasti datang tanpa harus promosi berlebihan. Bahkan, media  akan secara tidak langsung menginformasikan terlebih di era digital saat ini. “Artinya, jangan sampai ingin membangun kepariwisataan yang indah, ternyata kondisi jalan saja tidak bersih bahkan sampah berhamburan dimana-mana, kondisi ini  mengurangi keindahan obyek wisata  dan mengurangi minat wisatawan untuk berkunjung,” bebernya.

Bahkan dengan berkelekar, ia menyebutkan banyak obyek wisata yang jalannya tidak beraspal namun ramai dikunjungi wisatawan karena kondisi jalannya mengesankan. “ Yang penting bersih aja, tentu pendatang atau pengunjung pasti datang ke daerah tersebut. Bahkan, akan mengenang potensi wisata yang dilihat di daerah itu,” ucap Isran sederet menyebutkan obyek wisata di Kaltim yang kerap didatangi wisatawan asing.(SK8)