Beranda foto Olahraga Rugby Berkembang di Kutim, Berdiri Sejak Tahun 2004

Olahraga Rugby Berkembang di Kutim, Berdiri Sejak Tahun 2004

1173
0
Atlit Rugby di Sangatta sedang berlatih di Lapangan Swarga Bara Sangatta.(Foto Nuzul/Humas Kutim)

SANGATTA,Suara Kutim.com (7/10)
Meski olahraga Rugby hanya digemari warga Amerika Serikat, ternyata olahraga yang mengandalkan fisik prima ini juga berkembang di Sangatta. Menariknya, olahraga yang menjunjungi tinggi sportifitas ini berdiri sejak tahun 2004 dengan nama Hornbills Rugby Sangatta.
Dalam rentang tahun yang cukup panjang, Rugby Sangatta telah mengukir berbagai macam prestasi di tingkat Nasional maupun Internasional diantaranya runer up pada Jakarta 10′ May 2005, juara 1 (plate) Jakarta 10′ May 2006, Bowl Winner Internasional Rugby 10′ Bali 2007, Runner Up (Bowl Trophy) Internasional Rugby 10′ Bali 2008 dan juara 1 (plate) 7′ Bali Internasional Rugby 2009. “Kini telah dibentuk Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) Cabang Kutai Timur pada 15 Agustus 2015 lalu,” kata Raymond Ritonga yang terpilih sebagai ketua.
Selain Raymond Ritonga terpilih sebagai ketua, peserta juga memilih Bambang Purna Irawan sebagai sekretaris. “PRUI dibentuk untuk mengenalkan kepada masyarakat yakni apa itu Rugby yang selama ini menggunakan lapangan Swarga Bara Sangatta setiap Minggu sore sebagai arena latihan,” beber Raymond seraya menyebutkan mereka dilatih Bachtiar.
Untuk mengenalkan Rugby, PRUI Kutim berencana akan melakukan kejuaraan antarsekolah namun ada pelatihan singkat. Namun, dalam beberapa bulan kedepan PRUI Kutim akan mengikuti event Internasional Rugby 10′ di Bali yang akan menjadi ajang persiapan mengikuti eksebisi di PON di Jawa Barat Tahun 2016.
Disebutkan, atlit Rugby Kutim optimis dapat meraih hasil maksimal karena ada Putu Ruswadi, Asmuri dan Zachbir yang merupakan orang atlit Timnas Rugby Indonesia. “Bergabungnya pemain Nasional yang bergabung diharapkan membawa harum nama Kutai Timur,” harap Raymond Ritonga belum lama ini.(SK-05/SK-11)