Beranda hukum Padamkan Karhutla, Anggota TRC BPBD Kutim Terobos Semak Belukar

Padamkan Karhutla, Anggota TRC BPBD Kutim Terobos Semak Belukar

208
0
Anggota TRC BPBD Kutim mau tidak mau masuk semak belukar untuk memadamkan api.

SANGATTA (13/8-2019)

                Cuaca panas yang melanda Kutim dalam beberapa hari terakhir membuat BPBD Kautim waspada, pasalnya akibat kelalaian manusia kerap menyebabkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Kepala BPBD Kutim Syafruddin menerangkan dalam sepekan ada 4 titik Karhutla yang dipadamkan jajaran BPBD. “Terakhir sekitar terjadi Jalan TMMD Sangatta Utara, lokasinya disemak belukar,” terangnya.

Karhutla di Jalan TMMD, Selasa (13/8) sore.

                BPBD Kutim, terang mantan Asisten Pemkesra Setkab Kutim saat ini mengandalkan 1 unit mobil tangki dan peralatan yang ada. Akibatnya, upaya memadamkan api, sedikit sulit. “Bahkan untuk menembus titik api, mau tidak mau harus masuk semak belukar,” terangya.

                Fajar salah satu anggota TRC BPBD Kutim menerangkan untuk memadamkan api Karhutla mereka mengadalkan mobil tangki serta peralatan bantuan BNPB. Dengan alat yang ada, terangnya upaya pemadaman dilakukan. “Hari ini ada dua kali Karhutla, pagi tadi dekat simpang tiga Jalan Soekarno Hatta dan sore tadi di Jalan TMMD,” kata Fajar.

                Ditanya penyebab kebakaran apakah ada pembukaan lahan, Syafruddin menyebutkan sebagian karena kelalaian seperti membuang putung rokok. “Kami berharap, dalam kondisi udara yang panas ini masyarakat berhati-hati membuang puntung rokok karena bisa menyebabkan kebakaran lahan,” pesannya.(SK4)