Beranda kutim Pasti Mendapat Rp1 M, Proyek Cetak 10 Ribu KIA Kembali Digulirkan

Pasti Mendapat Rp1 M, Proyek Cetak 10 Ribu KIA Kembali Digulirkan

522
0

SANGATTA,Suara Kutim.com (25/2-2017)
Mendapat anggaran Rp 1 miliar, Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Timur kembali menaikkan target pencetakan Kartu Indentitas Anak (KIA) tahun ini menjadi 10.000 lembar.
Kepala Dinas Dukcapil Kutim, Januar Harlian Putra Lembang Alam, semula instansinya hanya menargetkan 5000 lembar kartu dengan anggaran Rp 900 juta, sesuai keterangan Sekretaris Daerah (Sekda) Irawansyah yang menyebutkan TAPD hanya bisa memenuhi separuh usulan. “Belakangan mendapat kabar khusus pencetakan KIA tetap Rp 1 miliar,” terang Januar
Ia menambahkan, dengan informasi perubahan pagu dana, dilakukan perubahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) sehingga mampu mencetak 10 ribu lembar KIA, terlebih mendapat bantuan berupa kartu KIA sebanyak 20 ribu lembar dari pemerintah pusat.
Meski demikian, diakui, kendala lainnya yakni penyediaan ribbon tinta karena pemerintah pusat hanya memberikan tambahan unit kartu, sementara tinta harus dianggarkan sendiri. Dengan kucuran anggaran yang ada, diakui, instansinya, berusaha maksimal untuk mencapai target pencetakan KIA termasuk pengadaan tinta.
Ia menyebutkan, angka kelahiran di Kutim pada tahun 2016 mencapai 92 persen serta tingginya pencetakan akte kelahiran anak di Kutim. Dengan presentasi yang tinggi itu, Kutim ditunjuk Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai percontohan program KIA di Kaltim.(SK3)