Beranda ekonomi Peduli, 5M Bagi Beras Pada Masyarakat Kutim Terdampak COVID-19

Peduli, 5M Bagi Beras Pada Masyarakat Kutim Terdampak COVID-19

283
0

Sangatta (7/5/2020)

Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat Kutai Timur (Kutim) yang terdampak akibat pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), keluarga besar Mansyur Mante kembali memberikan bantuan kepada masyarakat Kutim. Kali ini, sedikitnya 40 ton beras dibagikan kepada masyarakat Kutim di 18 kecamatan. Demikian disampaikan Mahyudin, selaku putra tertua dari keluarga besar Mansyur Mante, Rabu (6/5) sore.

“Sebagai anak tertua, saya dibantu Mahyunadi serta adik-adik kami lainnya, dan didukung keluarga besar, bersama-sama mengumpulkan donasi hingga akhirnya terkumpul lah beras sebanyak 40 ton. Puluhan ton beras ini akan dibagikan secara bertahap kepada masyarakat Kutim yang ada di 18 kecamatan, terutama untuk masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19,” ujar Mahyudin didampingi Mahyunadi, Maswar dan Mario.

Mahyunadi didampingi Mahyudin dan Haji Kinsu, saat menyerahkan donasi beras, Rabu (6/5).

Lanjut Mahyudin, sejak kecil dirinya serta adik-adiknya selalu dididik oleh orang tua untuk berbagi dengan sesama. Terlebih saat ini, selain tengah terjadi pandemi COVID-19, kegiatan sosial bagi beras ini juga mengambil momentum puasa ramadhan dan sekaligus wujud rasa syukur karena dirinya serta beberapa adiknya yang terdiri dari 5M (Mahyudin, Mahyunadi, Marsidik, Maswar dan Marannu), ada yang berhasil menduduki kursi legislatif, mulai dari DPD RI hingga DPRD.

“Memang sejak kecil, kami ini selalu dididik untuk bisa berbagi dengan sesama. Namun kali ini, selain untuk membantu masyarakat Kutim yang terdampak COVID-19, kegiatan berbagi beras ini juga berbarengan dengan suasana puasa ramadhan. Selain itu juga sebagai wujud rasa syukur 5M (Mahyudin, Mahyunadi, Marsidik, Maswar dan Marannu), karena ada yang berhasil menduduki kursi legislatif, mulai dari DPD RI hingga DPRD,” jelasnya.

Ditambahkan Mahyudin, selain 40 ton beras yang merupakan hasil pengumpulan donasi dari 5M dan Keluarga Besar Mansyur Mante, juga ada tambahan 10 ton beras dari pengusaha asal Kutim, Haji Kinsu. Sehingga total beras yang akan dibagikan sebanyak 50 ton. Tidak hanya melibatkan takmir masjid, pembagian beras juga akan melibatkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kutim, agar penyebaran dan pembagian beras tepat sasaran. Tidak hanya berhenti disini, namun gerakan bagi beras ini akan berlanjut secara berkesinambungan.

“Tidak hanya 40 ton beras dari 5M, kami juga mendapat tambahan beras sebanyak 10 ton dari pengusaha asal Kutim, Haji Kinsu. Sehingga totalnya ada 50 ton beras. Pendistribusiannya, tidak hanya melibatkan takmir masjid dan musholla, juga melibatkan BAZNAS Kutim. Sehingga penyaluran bisa tepat sasaran. Dan, In syaa Allah, bantuan beras ini akan terus berlanjut,” ucap Mahyudin.

Sebelumnya, keterlibatan keluarga besar Mansyur Mante dalam upaya penanganan COVID-19 di Kutim, sudah dilakukan beberapa kali. Di antaranya, pembagian masker dan hand sanitizer gratis kepada warga Sangatta, serta membantu pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) kepada petugas medis di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Kudungga Kutim.(SK2/ADV)