Beranda KABAR KALTIM Pendapatan Republik Seychelles Terbesar Dari Sektor Pariwisata

Pendapatan Republik Seychelles Terbesar Dari Sektor Pariwisata

135
0
Rombongan Pemprov Kaltim saat bersama Presiden Syechelles - Danny Fuara di State House.
Wagub Kaltim Hadi Mulyadi Bersama Presiden Danny Fuara

SANGATTA (2/12-2019)
Entah karena memberi hormat kepada rombongan Wagub Kaltim Hadi Mulyadi, atau memang tidak ada protokoler yang ketat di lingkungan State House Presiden Republik Seychelles.
Saat roambongan Pemprov Kaltim datang, langsuyng disambut petugas denga ramah. Tak ada pemeriksaan apa-apa ketika rombongan tiba di bangunan klasik yang berada di lereng gunung.
Kepala Biro Humas Setda Kaltim Syafranuddin kepada Suara Kutim.com menerangkan untuk berjumpa dengan Presiden Seychelles DannyFaure, sama sekali tidak ada pemeriksaan berlapis. “Saat rombongan tiba di kediaman presiden yang penuh dengan pepohanan, semua rombongan diterima diajak ke ruang tunggu yang berukuran sekitar 30 meter persegi. Tak berapa, lama rombongan dipersilahkan masuk ruang tamu utama yang berbentuk memanjang,” terang Syafranuddin via jaringan telepon.
Presiden Danny Faure yang mirip Barak Obama, dengan ramah menyambut kedatangan Wagub Hadi Mulyadi yang didampingi Awang Faroek Ishak – anggota Komisi VII DPR-RI, Kepala Pusat Fasilitasi Kerja Sama Kemendagri Nelson Simanjuntak, Utusan Khusus Negara Seychelles untuk ASEAN Nico Barito, Wakil Bupati Berau Agus Tamtomo, Kadis Pariwisata Kaltim Sri Wahyuni, Tenaga Ahli Gubernur Prof Zein Heflin dan Sekretaris Tim Percepatan Pengembangan Kepariwisataan Maratua Tri Murti Rahayu.
Dalam pertemuan yang berlangsung 45 menit yang menjadi topik pembiocaraan seputar dunia kepariwisataan terutama kepariwisataan di Pulau Maratua Berau dimana Republik Seychelles, berniat menanamkan investasi agar kepulauan yang kaya dengan obyek wisatanya itu bisa diwujudkan seperti kepariwisataan di Republik Seychelles.
Hadi dalam pertemuan yang ditandai dengan menikmati teh dan kopi itu, menyampaikan salam hormat Gubernur Isran Noor, serta menyambut gembira keinginan Republik Syechell untuk mengarap kepariwisataan di Maratau hingga menjadi obyek wisata skala internasional.
“Pemerintah RI dan Kaltim senang berkerjasam dengan Republik Seychelles, karenanya diharapkan bisa saling menguntungkan dan lebih ditingkatkan,” kata Hadi.
Hadi yang mengenakan batik lengan panjang, disebutkan Syafranuddin – Jubir Pemprov Kaltim, berharap proses kerjasama segera dilanjutkan berdasarkan ketentuan yang berlaku sehingga kedepan tidak menimbulkan masalah.
Sementara President Danny Fuara yang tampilannya seperti Barak Obama, mengungkapkan pendapatan negaranya terbesar dari sektor pariwisata. Sebagai negara kepulauan, sebut Presiden Danny Fuara tidak banyak sumber daya alam yang dimiliki namun berkat dukungan masyarakat Seychelles banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai negara.”Rakyat Seychelles sangat menyadari akan dunia kepariwisataan, karenanya mendukung program pemerintah. Pariwisata tidak akan pudar, karena masyarakat perlu untuk berwisata,” sebut President Danny Fuara yang mengaku luas negaranya lebih kecil dari Kaltim.(SK4)