Beranda ekonomi Peningkatan Potensi Pertanian Perlu Perhatian Lebih

Peningkatan Potensi Pertanian Perlu Perhatian Lebih

79
0

Sangatta. Potensi pertanian di Kecamatan Wahau, Kombeng, Telan dan berbagai kecamatan di Dapil IV, sangat bagus. Karena itu, anggota DPRD Kutim Arang Jau, meminta agar pemerintah mendorong pertumbuhan pertanian di daerah itu lebih baik lagi, untuk meningkatkan kesejahteran petani.

Arang Jau – anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kutim.

“kami melihat potensi pertanian di Wahau, Kombeng dan sekitarnya sangat potensial. Karena itu, kami meminta agar pemerintah memberikan bantuan semaksimal mungkin bagi petani, untuk mendorong produksi pertanian agar lebih berkembang lagi untuk kesejahteran petani,” katanya.

Dikatakan potensi pertanian yang masih bisa berkembang luas di Kombeng adalah sawah. Karena itu, kami minta Dinas Pertaian melakukan percetakan sawah di daerah konbeng seperti di Desa Miau.

“Saya sebagai anggota DPRD perwakilan daerah pemilihan empat mendorong pemerintah daerah menambah percetakan sawah di Kombeng. Karena saat ini para petani disana selalu berhasil sukses panen dengan hasil padi yang berkualitas,” katanya.

Arang Jau mengatakan, untuk mewujudkan petani sukses, maka Pemerintah melalui dinas terkait memberikan bantuan Misalkan, diberikan bantuan benih atau bibit unggul, pupuk.
Bukan hanya itu yang paling penting adalah alat penggarap seperti Handtractor, mesin penggiling ataupun mesin panen. Sebab dengan pupuk, serta alat mekanisasi, akan mempermuda proses produksi pertanian, khususnya petani padi sawah.

Sementara untuk menghasilkan kualitas padi yang lebih unggul, banyak hal hal yang harus diperhatikan seperti di wilayah Kutim termasuk provinsi Kaltim curah hujan ini tidak menentu. Bahkan cenderung, panas, karena itu, saar musim kering, maka petani hanya mengandalkan air hujan.

“Untuk itu kami minta agar pemeritah membuat bendungan air, termasuk irigasinya untuk mengairi sawah saat musim kering,”jelasnya.