Beranda KABAR KALTIM Pentas Seni Garapan Korem ASN, Diharapkan Picu Kecintaan Anak Muda Akan Seni...

Pentas Seni Garapan Korem ASN, Diharapkan Picu Kecintaan Anak Muda Akan Seni Budaya Bangsa Indonesia

98
0
Danrem 091 ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro dan istri saat ikut menari Gantar bersama penari lainnya.(Foto Penrem 091 ASN)

SAMARINDA (6/9-2020)

                Menumbuhkembangkan kecintaan genarasi muda kepada seni budayanya, Korem 091 Aji Surya Natakesumah (ASN) Samarinda, belum lama ini menggelar pentas tari kreasi. Pentas yang digelar di Samarinda ini bertujuan menggali potensi dan talenta  kaum milenial  agar semakin mencintai budaya asli turun temurun yang akhirnya mempertahankan nilai-nilai kebudayaan asli Indonesia dalam kehidupan masyarakat.

                Penerangan Korem 091 ASN dalam siaran persnya, menyebutkan pentas seni yang mendapat apresiasi Danrem  Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, melibatkan banyak kaum muda. “Saya menyambut baik kegiatan ini, karena pagelaran ini merupakan wadah untuk menyalurkan bakat seni gerak generasi Muda Indonesia untuk mencintai dan melestarikan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia,” kata Danrem.

Tarian daerah, ujar Danrem, merupakan salah satu warisan budaya bangsa Indonesia yang harus kita cintai dan dilestarikan. Disamping itu tarian daerah juga merupakan harta kekayaan bangsa Indonesia yang tidak ternilai harganya. “Tarian daerah merupakan wujud dari nilai-nilai budaya asli suatu Bangsa,” tandasnya.

Terjadinya  modernisasi, ujar Danrem harus disikapi dengan bijak namun jika kecintaan akan NKRI sudah tertanam maka tidak akan ada pergeseran nilai budaya. “Dalam Konteks globalisasi saat ini, budaya asing adalah hal yang niscaya, yang menjadi tantangan kita bersama adalah apakah budaya asli bangsa Indonesia akan tetap tumbuh dan berkembang dalam menghadapi globalisasi tersebut,” beber Danrem yang datang bersama istri.

Sebelum ikut bersama menari, Danrem Cahyo Suryo Putro, ia menaruh harapan lewat pentas seni, generasi muda Kaltim ikut  andil dalam melestarikan budaya tradisional melalui kreasi-kreasi yang kreatif. “Saya berharap, kegiatan ini dapat menumbuhkan kecintaan kita pada budaya asli bangsa Indonesia,” harapnya seraya memberi apresiasi kepada panitia dan peserta yang tetap mentaati protokol kesehatan Covid 19.(SK8)