Beranda ekonomi Perusahaan Kelapa Sawit Wajib Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Perusahaan Kelapa Sawit Wajib Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

170
0

SANGATTA (11/4-2018)

Bupati Ismunandar
Kehadiran perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kutai Timur, memberi dampak positif terhadap kesejahteraan rakyat terutama di sekitar lokasi perusahaan. Penegasan itu diungkapkan Bupati Kutim Ismunandar, karena ia melihat masih ada perusahaan penghasil bahan baku utama CPO ini belum memberi arti bagi masyarakat baik melalui kemitraan dengan koperasi.
“Semua perusahaan perkebunan sawit yang ada di Kutim wajib membangun kemitraan dengan koperasi milik masyarakat setempat, terutama dalam hal kemitraan plasma,” tandas Bupati Ismunandar belum lama ini.
Menurut Ismu, kerjasama dengan koperasi, berarti perusahaan sawit sudah berperan pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sebab, dengan adanya kerjasama antara perusahaan dengan petani plasma maka tentu hasil kebun sawit milik masyarakat lokal telah memiliki wadah pasti yang akan membeli dan menampung hasil sawit masyarakat.
Ismu memerintahkan Dinas Perkebunan Kutim dan Dinas Koperasi Kutim, melakukan pendataan. “Perusahaan sawit mana saja yang sudah melakukan kemitraan dengan koperasi dan yang belum melakukan kemitraan. Bagi perusahaan yang belum menjalin kemitraan maka diwajibkan untuk segera melakukan kerjasama dengan koperasi plasma milik masyarakat,” pesan Ismu.ADV-KOMINFO