Beranda KABAR KALTIM Peserta Seleksi JPT Kaltim Disodori 700 Pertanyaan dan Tes Narkoba

Peserta Seleksi JPT Kaltim Disodori 700 Pertanyaan dan Tes Narkoba

277
0

SANGATTA (23/5-2019)

Sebanyak 61 dari 62 peserta seleksi  Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Pemprov Kaltim,  Kamis (23/5) lalu menjalani tes Psikometri dengan menggunakan metode Million Clinical Multiaxial Inventory – IV (MCMI) dan Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) sekaligus tes urine untuk memastikan peserta bebas dari Narkoba.

Kegiatan yang melibatkan RSJD Atma Husada Mahakam Kaltim ini berlangsung di Gedung BKD Kaltim di Jalan M Yamin.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Atma Husada Mahakam,  Jaya Mualimin selaku Pejabat (Pj) menerangkan hasil MCMIterlihat gambaran profil kepribadian klien sedangkan MMPI lebih memberikan gambaran kepada klinis, metode ini menggunakan sistem komputerisasi.

“ MCMI dan MMPI dua-duanya klop, yang satu melihat profilnya secara mendetail yang satu melihat secara klinisnya, misal dalam hal kejujuran, tanggung jawab, kemudian adaptasi terhadap stress, kita akan buat laporan dalam bentuk itu” terangnya.

Disebutkan, yang menjadi kendala apabila ada peserta  kurang konsentrasi maka dikhawatirkan hasilnya invalid. “Biasanya begitu,  tidak melakukan wawancara, nanti dari pernyataan yang dijawab klien mengenai cocok atau tidak cocok untuk diri sendiri dari situ akan muncul skala-skala apakah mengalami depresi atau tidak, kalau grafiknya tinggi berarti klien mengalami depresi,”terangnya.

Seperti diberitakan, jabatan  dilelang terbuka Pemprov Kaltm yakni Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudaya Prov Kaltim, Kadis Sosial, Kadis LH, Kepala  Biro Humas Setprov Kaltim, Kepala Biro Pemerintahan Setprop  Kaltim, dan Wakil Dirut RSUD Abdul Wahab Sjahranie Prov Kaltim.

Berdasarkan data BKD berdasarkan hasil pemeriksaan administrasi, mereka yang dinyatakan lulus administrasi untuk jabatan Kadis Sosial sebanyak 9 orang, Kadis Pariwisata (18), Kadis LH (10), Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (5), Karo Humas Setprov Kaltim (10), Karo Pemerintahan, Perbatasan dan Otda Setprov Kaltim (6) dan 4 orang peserta selekis jabatan Wakil Direktur RSU AW Syahranie Samarinda.

“Peserta yang mengikuti seleksi JPT dilingkup Pemprov Kaltim yang memenhuhi syarat sebanyak 62 orang, namun 1 orang berhalangan hadir,” terang Plt Sekrop  Kaltim Melliana seraya  peserta dari lingkungan Pemprov Kaltim, Pemkab Kukar, Kutim, Kubar, Paser,Kota Samarinda dan Bontang.

Melliana sebagai Ketua Pansel menerangkan, Senin (27/5) akan diumumkan peserta yang memenuhi  syarat untuk mengikuti tahapan selanjutnya. Ia berharap   peserta untuk selalu mengikuti informasi jadwal tahapan seleksi yang diumumkan melalui website BKD Kaltim.(SK8)