Beranda hukum Fahmi :Masyarakat Apatis, Pilkada Kutim Dimenangkan Golput

Fahmi :Masyarakat Apatis, Pilkada Kutim Dimenangkan Golput

1933
0
Warga Kutim saat memberikan hak pilihnya di Pilkada Kutim lalu.

SANGATTA,Suara Kutim.com (14/12)
Entah karena masyarakat (Pemilih,red) cuek dengan Pilkada Kutim, atau mereka memang dengan sengaja dikibiri sehingga tidak bisa menyalurkan hak pilihnya semua harus diteliti mendalam yang pasti sebuah data yang didapat Suara Kutim.com warga Kutim yang tidak memberikan suara alias golput pada Pillkada lalu mencapai 128.409 orang atau 49.48 % dari 259.509 daftar pemilih tetap (DPT).
Tingginya angka Golput Pilkada Kutim ini menjadi pertanyaan besar kepada KPU pimpinan Fahmi Idris yang sebelumnya menargetkan angka partisipasi mencapai 70 persen. Kepada wartawan termasuk Suara Kutim.com, Senin (14/12) Ketua KPU Kutim Fahmi Idris menyebutkan memperkirakan angka partisipasi pemilih berkisar antara 57 hingga 60 persen. “Masyarakat Kutim kebanyakan masih apatis dan tidak perduli terhadap Pilkada Kutim kali ini. Mereka menganggap walaupun menggunakan hak pilihnya pada Pilkada tahun 2015 namun nasib mereka tetap tidak ada perubahan,” ujar Fahmi Idris.
Disinggung banyaknya Formulir C6 yang berupa undangan atau pemberitahuan yang tidak dibagikan KPPS, ia mengungkapkan KPU sudah memaksimalkan sistem penyebaran. Dengan dalih setiap sistem pasti ada celah ia menegaskan mereka yang tercantum di C6 merupakan warga terdaftar di DPT. “Kami akui selama ini berapa persen Formulir C6 belum dibagikan baik oleh KPPS,” akunya.
Fahmi menandaskan saat KPU Kutim, sedang mempersiapkan rapat pleno rekapitulasi surat suara dari 18 kecamatan di Gedung Serba Guna (GSG) yang dijadwalkan Rabu (16/12) hingga Jum’at (18/12) mendatang. Diakui, hingga sore tadi semua kecamatan sudah menyerahkan berkas dan kotak suara mereka ke KPU Kutim.
PPK yang baru menyerahkan data yakni Sangatta Utara, berkas surat suara PPK Sangatta Utara siang tadi diantar menggunakan 4 truk dengan pengawalan ketat baik oleh Polres Kutim, Kodim 0909 Sangatta maupun Satpol PP.
Hasil perhitungan sementara yang dikumpulkan media ini, pasangan Noorbaiti dan Ordiasnyah meraih 15,64 %, kemudian pasangan Ardiansyah Sulaiman – Alfian Aswad mencapai 40,37 % dan Ismunandar – Kasmidi Bulang sebesar 43,99 % artinya masih dibawah angka Golput.(SK-02/SK-03/SK-013)