Beranda hukum PU Usulkan Jalan Tembus Sandaran ke Tanjung Mangkaliat

PU Usulkan Jalan Tembus Sandaran ke Tanjung Mangkaliat

1131
0

SANGATTA,Suara Kutim.com (13/2-2017)
Rencana pembangunan jalan dari Sandaran ke Desa Manubar hingga Tanjung Mangkaliat, kini kembali direncanakan. Bila terwujud, proyek yang sudah sudah lama dinantikan warga Sandaran ini merupakan kado terindah.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Aswandini Eka Tirta, kepada wartawan, menyebutkan pembangunan jalan dari Sandaran ke Tanjung Mangkaliat,sudah masuk dalam usulan proyek multi years tahun ini. Namun perlu persetujuan DPRD Kutim dan besaran anggaran pembangunan yang ada. “Masuknya pembangunan jalur Sandaran hingga Tanjung Mangkaliat dalam program multi years karena pembangunan jalur tersebut masih di atas 30 kilometer, membutuhkan pembiayaan yang tidak sedikit,” kata Aswan.
Terkait adanya ruas jalur yang masuk dalam Kawasan Budidaya Kehutanan (KBK) dan milik sebuah perusahaan, dijelaskan, perizinannya berproses di Kementrian Kehutanan di Jakarta. “Tinggal menunggu rekomendasinya saja, apakah tetap bisa melewati kawasan tersebut ataukah harus keluar dari KBK yang ada,” ungkapnya.
Aswan, optimis jika proses pembangunan jalur Sandaran – Tanjung Mangkaliat tersebut bisa dikerjakan jika masuk dalam proyek multi years tahun ini dan selesai dalam dua hingga tiga tahun kedepan.
Diungkapkan, dalam usulan proyek multi years tahun 2017, Dinas PU Kutim lebih 20 paket pekerjaan, delapan paket diantaranya adalan paket proyek multi years untuk pembanguan jalan, termasuk jalan poros pedalaman Kutim mulai Sangatta hingga Muara Ancalong.
Kemudian, satu paket pembangunan jembatan besar di kawasan pedalaman serta sisanya berupa paket pembangunan gedung dan sarana lainnya. Ia mengakui, usulan instansinta harus didiskusikan antara Pemkab Kutim dengan DPRD Kutim. (SK2/SK3/SK4)