Beranda kutim Puluhan M3 Sampah Disikat di Hari Peduli Sampah

Puluhan M3 Sampah Disikat di Hari Peduli Sampah

71
0

SANGATTA  (21/2-2019)

                Puluhan meter kubik sampah terutam plastik diangkut menggunakan truk, sampah yang dipungut dari beberapa lokasi  TPA Jalan  Poros Kabo, Folder air Ilham Maulana, serta  Pasar Induk Sangatta Utara ini, merupakan sampah dari aksi menandai Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2019.

Aksi pembersihan sampah yang digelar pada Peringatan Hari Peduli Sampah Tahun 2019.

                Aksi peduli sampah yang diawali dengan apel siaga inil berlangsung di TPA Kabo dengan inspektur upacara Asisten Pemerintahan Kesra Setkab Kutim, Suko Buwono. Dalam aksi yang dimulai pukul 07.30 Wita, ratusan orang terlibat diantaranya Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan, Kasdim 0909 Sangatta, Kepala OPD serta warga masyarakat termasuk anggota  Bhayangkari Cabang Polres Kutim, Persit Cabang Kodim 0909 Sangatta,  Jelasenatri Cabang Lanal Sangatta serta pelajar.

                Meski harus bercibaku dengan sampah yang kotor, peserta Hari Peduli Sampah antusias memunguti satu persatu sampah yang berserakan di jalan. Kapolres Teddy Ristiawan bersama Asisten Pemkesra dan Kasdim, ikut berjibaku mengangkat sampah yang umumnya beksa botol minuman, snack dan tas keresek.
“Sampah plastik merupakan sampah yang sulit teruarai dalam tanah, kalau dibiarkan akan merusak tanah dan jika diparit akan menyebabkan kebutuan yang berdampak banjir,” kata Suko Buwono yang hadir mewakili Bupati Ismunandar.

Melalui gerakan peduli sampah, ia mengajak masyarakat Kutim untuk menjaga kebersihan lingkungan dan selalu membersihkan sampah agar lingkungan sehat dan bersih, serta memberi kenyamanan bagi lingkungan. “Hari Peduli Sampah Tahun 2019 ini merupakan momentum semua elemen masyarakat untuk menjaga lingkungannya sehat, rapi dan indah,” kata Suko Buwono.(ADV-Humas Setkab Kutim)