Beranda kesehatan Puskesmas Diharapkan Meningkat Akreditasnya, Minimal Madya

Puskesmas Diharapkan Meningkat Akreditasnya, Minimal Madya

711
0
Salah satu Puskesmas di Kutim yang sebagian besar bangunannya semi permanen.

SANGATTA (6/5-2017)
Sebagian besar Puskesmas di Kutai Timur (Kutim) beum terakreditas Kementerian Kesehatan, upaya mendapat akreditas dilakukan Dinas Kesehatan sejak beberapa tahun lalu namun terkendala minimnya dana serta infrastruktur.
Plt Kadis Kesehatan Bahrani menyebutkan, diharapkan sejumlah Puskesmas yang ada bisa mencapai akreditas madya.
Bersama Siti Fatimah, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kutim dijelaskan ada empat Puskesmas yang diusulkan mengikuti akreditas yakni Puskesmas Teluk Lingga, Puskesmas Long Mesangat, Puskesmas Sangatta Selatan dan Puskesmas Kaubun. “Baru Puskesmas Teluk Lingga dan Long Masangat sudah mendapatkan penilaian dari Tim Akreditasi. Tinggal menunggu hasil dua bulan, sedangkan Teluk Pandan dan Kongbeng menunggu,” terang Siti Fatimah.
Diterangkan, Puskesmas Teluk Lingga dan Long Masangat sudah mendapatkan penilaian namun hasilnya diterima dua bulan mendatang. Sedangkan Puskesmas Kaubun dinilai akhir Bulan Mei ini dan Sangatta Selatan pada bulan Agustus 2017.
Siti menyebutkan selama ini Kementerian Kesehatan menetapkan beberapa tingkat akrediats yakni dasar, madya, utama, dan paripurna. Kutim, diakuinya hanya menaruh harapan bisa mendapat predikat madya.
Diakui, beberapa kekurangan kebutuhan di Puskesmas seperti alat kesehatan, SDM, perlengkapan seperti meja, lemari dan kursi, menjadi penilaian termasuk gedung. Ia menagkui penilaian utama pada administrasi, kemudian upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan. “Memperoleh Akreditasi Madia bagi Puskesmas Teluk Linmgga terbuka peluangnya, terlebih sudah beberapa kali menyandang ISO,” beber Siti seraya menyebutkan untuk mendapatkan peningkatan akreditas harus dilakukan perencanaan matang termasuk ketersediaan anggaran.(SK12)