Beranda hukum PWI Kaltim Audensi Dengan Karo Humas : Banyak Hal Diprogramkan

PWI Kaltim Audensi Dengan Karo Humas : Banyak Hal Diprogramkan

261
0
M Syafranuddin - Kepala Biro Humas Setprov Kaltim menerima piagam penghargaan PWI berupa Piagam Ahli Pers yang pernah ia ikuti belum lama ini di Palangkaraya.

SANGATTA (7/10-2019)

                Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Timur (Kaltim) boleh jadi menjadi organisasi wartawan yang kali pertama bertandang ke  M Syafranuddin – Kepala Biro Humas Setprov Kaltim. Rombongan yang dipimpin Wiwid Mahendra – Sekretaris PWI Kaltim, diterima Syafarnuddin di ruang rapat Biro Humas Setprop Kaltim.

Dalam audiensi  yang dihadiri  Kepala Kabag Humas, Andik Riyanto, serta Kasubag Publikasi Inni Indarpuri, Kasubag Data dan Informasi M Huseni Labib serta Kasubag Internal dan Eksternal, Hj Murni itu, bertujuan  merekatkan kembali pewarta dengan Humas Pemprov Kaltim.

Kepala Biro Humas Pemprov Kaltim yang akrab disapa  Ivan, menyambut  gembira inisiatif para wartawan yang tergabung dalam PWI untuk menjalin komunikasi dengan Humas pemprov Kaltim. Ivan sangat memahami kerja wartawan.  “Saya sudah merasakan menjadi wartawan dan merasakan pula sakitnya sebagai wartawan. Namun modal sebagai penulis beritalah yang membawa saya sampai ke posisi ini yaitu menggawangi Humas Pemprov Kaltim,” tuturnya

Pengalamannya sebagai jurnalis inilah yang kemudian ia implementasikan dalam menjalin hubungan yang harmonis dengan wartawan. Salah satunya adalah ia akan menghidupkan kembali media center di kantor Gubernur Kaltim.

Sebagai   Karo Humas, iapun  akan terus menghidupkan pelaksanaan uji kompetensi wartawan. Rencana Karo Humas akan menggelar secara reguler UKW setahun sekali. Hal itu pula yang memunculkan ide bagi Ivan dengan mensyaratkan agar semua wartawan yang bertugas di kantor Pemprov Kaltim adalah wartawan yang sudah mengikuti Uji Kompetisi Wartawan (UKW).

“Bagaimana bisa menulis sesuai dengan kode etik jurnalistik kalau belum teruji dalam UKW. Jika sudah menenuhi ini, kita yakin hubungan dengan pemprov akan harmonis. Kami juga akan mengakomodir apa keinginan dari teman-teman  wartawan,” ungkapnya dalam pertemuan yang berlangsung 1 jam itu.

Sementara itu Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Indra Zakaria SMSI dalam kesempatan yang sama tersebut berharap  Pemprov Kaltim memgakomodasi media online dalam meliput berita di Pemprov Kaltim. “Harapannya kita agar media online di Kaltim sudah memenuhi legalitasnya agar dapat diakomodasi dalam peliputan di pemprov Kaltim, ” tandasnya.

Diakhir perbincangan, Karo Humas berencana pula akan melakukan kunjungan ke perusahan-perusahaan media yang ada di Kaltim terutama di Samarinda tujuannya untuk menjalin silahturahmi.(SK8)