Beranda kutim Ribuan Lembar Surat Suara Dibakar

Ribuan Lembar Surat Suara Dibakar

473
0
Proses pembakaran surat suara yang ditemukan rusak dan lebih.

SANGATTA (16/4-2019)

Ribuan surat suara Pemilu dan Pilpres Tahun 2019, Selasa (16/4) malam,  dimusnahkan KPU Kutim dengan cara dibakar. Pemusnahan dokumen negara yang bernilai tinggi ini, terang Ketua KPU Kutim Ulfa Jamiatul Farida, wajib dilakukan sebelum hari pemungutan suara sehingga tidak menimbulkan masalah meski rusak.

Bersama Sayuti Iberahim, Muhammad Idra, Hasan Basri – Komisioner KPU Kutim, disebutkan selain surat suara yang ditemukan rusak atau cacat saat pemeriksaan, juga dilakukan pemusnahan surat suara untuk Pilpres yang ternyata lebih.

Surat suara yang dibakar dalam drum ini, juga disaksikan Ketua Bawaslu Andi Mapasilling serta sejumlah saksi lainnya termasuk perwakilan Parpol. “Semua surat suara yang ditemukan rusak dan lebih, wajib dimusnahkan dengan cara dibakar meski surat suara yang sudah dikirim ke PPK, dinilai mencukupi karena jumlah DPT telah ditambah surat suara cadangan,” terang Sayuti Iberahim.

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan KPU Kutim, surat suara yang dimusnahkan yakni  Surat Suara Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 1.017 lembar, Surat Suara untuk DPD – RI sebanyak  401 lembar, Surat Suara DPR RI berjumlah 186 lembar , Surat Suara DPRD  Prov Kaltim sebanyak 428 lembar, surat suara  DPRD Kutim berjumlah  557 lembar. (SK11)