Beranda ekonomi Ribuan Hewan Kurban di Sangatta Utara, Sehat

Ribuan Hewan Kurban di Sangatta Utara, Sehat

107
0
Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmasvet) Distan Kutim, Cut Meutya sedang memeriksa sapi limosin yang harganya palng mahal.

SANGATTA (26/7-2020)

Jelang Hari Raya Idul Adha 1440 H, Dinas Pertanian Kutai Timur (Kutim) melakukan razia dan pengecekan terhadap sejumlah tempat penjualan hewan kurban, sapi dan kambing. Selama beberapa hari, ada 22 tempat penjualan hewan kurban di  Sangatta Utara didatangi dan  697 ekor sapi  serta 607 ekor kambing dinyatakan sehat dan laik kurban.

Sugiono – Kadis Pertanian Kutim

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kutim, Sugiono menerangkan pemeriksaan dilakukan agar masyarakat membeli hewan kurban memenuhi syarat, bukan hewan yang tidak sehat.

Didampingi Kepala Bidang (Kabid) Peternakan, Mardi Suaibman serta Kasi Kesehatan Hewan dan Kesmavet  Cut Meutia, disebutkan jika dari hasil pemeriksaan pada 22 tempat atau lokasi penjualan hewan kurban yang ada di kota Sangatta dan sekitarnya, ada sebanyak 697 ekor sapi dan 607 ekor kambing, dinyatakan sehat dan laik kurban.

“Masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah kurban tahun ini dan ingin membeli hewan kurban, kami sarankan untuk membeli hewan kurban pada tempat-tempat yang memang sudah dilakukan pengecekan  tim kesehatan Dintan Kutim dan mendapatkan label sehat,” pesan  Sugiono.

Ditambahkan Mardi,  data yang disuguhkan saat ini bukanlah data hewan kurban secara global sebagai data hewan kurban di Kutim. Pasalnya, data keseluruhan baru akan terekap usai pelaksanaan hari raya kurban dengan menunggu laporan pendataan kurban dari setiap kecamatan.

Disebutkan, pemeriksaan terus berlanjut dan tidak hanya di Sangatta, tetapi juga termasuk di Sangatta Selatan dan  Teluk Pandan. “Bercermin dari data hewan kurban di Kutim di tahun 2019, jumlah hewan kurban yang dipotong mencapai 1.732 ekor, baik sapi, kambing, kerbau dan domba. Sedangkan untuk data sementara, jumlah hewan kurban belum seluruhnya,” jelas Mardi.(SK3)