Beranda hukum RLPPD “Berani Untuk Kaltim Berdaulat” (9): Buah Kerja Keras, Penerimaan Lampaui Target

RLPPD “Berani Untuk Kaltim Berdaulat” (9): Buah Kerja Keras, Penerimaan Lampaui Target

73
0
Gubernur Kaltim Isran Noor menyerahkan penghargaan kepada Bupati Isran Noor bersamaan dengan penyerahan DIPA Bankeu Tahun 2019.

SALAH satu aspek roda pemerintahan yang dinilai berhasil yakni dalam hal pengelolaan keuangan atau APBD. Pemprov Kaltim pada tahun 2018, untuk ke lima kalinya memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Kaltim.

Pertemuan Bupati Ismunandar dengan Gubernur Kaltim Isran Noor terkait pengembangan KEK Maloy di Kaliorang.

                Sementara realisasi Penerimaan Dan Pengeluaran Daerah  pada APBD  Timur  Tahun 2019    ditargetkan    Rp  11,1 Triliun    sedangkan realisasinya     Rp11,7 Triliun (105,72%). Sumber pendapatan itu yakni dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar  Rp 6,5 Triliun (113,14 %), Dana   Perimbangan   Rp 5,1 Triliun (97,67%) dari target Rp5,2 Triliun, lain-lain pendapatan daerah Rp42,9 M ditargetkan Rp43,5 Triliun (98,67%).

Sementara total  belanja  ditargetkan sebesar  Rp 12,9 triliun   dengan   realisasi   sebesar   Rp 11,3 Triliun (88,28 %), dengan rincian untuk Belanja  Tidak  Langsung  (BTL) sebesar Rp7,4 Triliun dari target Rp7,9 Triliun, Belanja Langsung (BL) ditargetkan Rp4,9 Triliun dengan realisasi Rp3,9 Triliun (79,81%). “Realisasi keuangan APBD Tahun 2019 yang disampaikan pada RLPPD bersifat sementara karena proses audit BPK masih berlangsung,” terang Gubernur Isran Noor.

Keberhasilan capaian pemerintahan dan pembangunan yang dilaksanakan pada tahun 2019 lalu, diakui Gubernur Isran buah kerjasama semua pihak. Gubernur secara khusus memberikan apresiasi dan terima kasih kepada bupati dan walikota yang  telah bekerjasama          mensinkronisasikan          visi,     misi     dan program serta kegiatan  pembangunannya  serta  melaksanakannya  dengan  baik  dan benar  sesuai  peraturan  perundang-undangan,  sehingga  hasil  pembangunan dapat dirasakan dan bermanfaat bagi masyarakat.(bersambung)